Kamis 10 Dec 2020 15:15 WIB

Foto Bayi Berkuku Runcing Membuat Warganet Geram

Foto yang memperlihatkan kuku runcing bayi kembali beredar di dunia maya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Foto kuku bayi yang dibiarkan panjang dan runcing beredar di Reddit.
Foto: Reddit
Foto kuku bayi yang dibiarkan panjang dan runcing beredar di Reddit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengunggah foto jari-jemari tangan bayi  ke media sosial merupakan tren yang cukup populer di kalangan orang tua. Akan tetapi, foto serupa yang diunggah di Reddit justru memicu kemarahan warganet.

Foto yang diunggah ke Reddit pada Senin lalu ini menampilkan tangan orang tua yang sedang menggenggam jemari bayi mereka. Yang membuat foto ini menjadi kontroversial dan menuai kecaman adalah bentuk kuku sang bayi.

Baca Juga

Kuku bayi dalam foto tampak panjang dan dimanikur hingga berbentuk meruncing. Membentuk kuku bayi seperti ini dinilai bisa sangat membahayakan bayi itu sendiri.

Oleh karena itu, foto ini menuai kemarahan meski bukan foto baru. Foto jari-jemari bayi dengan kuku yang runcing ini dibuat sekitar 2017 dan sumber asalnya tidak diketahui.

Banyak dari pengguna Reddit yang menilai manikur kuku bayi sebagai tindakan yang tidak lucu, berbahaya, dan mengerikan. Kuku-kuku yang tajam tersebut dapat melukai bayi saat menggaruk area wajah atau tubuhnya.

"Yang lebih penting, wajah bayi tersebut. Mata yang gatal bisa berujung pada kebutaan permanen (karena refleks bayi menyentuh mata dengan kuku tajamnya)," tulis seorang pengguna Reddit, seperti dilansir NZ Herald.

Ada pula beberapa pengguna Reddit yang mempertanyakan keaslian dari foto tersebut. Mereka meyakini bahwa foto tersebut tidak nyata dan dibuat sebagai sebuah lelucon orang tua.

"Jelas di-photoshop," kata pengguna Reddit tersebut.

Pengguna Reddit lain meyakini bahwa foto bayi dalam foto tersebut merupakan bayi yang baru dilahirkan. Dia mengatakan bukan hal yang aneh bila bayi yang baru dilahirkan memiliki kuku yang panjang. Beberapa pengguna Reddit setuju dan mengatakan bayi mereka juga memiliki kuku yang cukup panjang saat dilahirkan.

Menurut Living&Loving, kuku bayi bisa tumbuh dengan sangat cepat sehingga membutuhkan perhatian yang lebih. Bayi yang lahir melewati perkiraan masa kelahiran kemungkinan akan memiliki kuku yang panjang dan tajam.

"Menjaga kuku tersebut tetap pendek dapat membantu mencegah garukan di wajah," tulis laman untuk ibu hamil dan bayi tersebut.

Orang tua disarankan untuk memotong kuku bayi mereka secara berkala. Gunting kuku untuk bayi lebih disarankan dibandingkan gunting biasa. Namun, bila ingin menggunakan gunting atau clipper, lakukan pengguntingan saat bayi tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement