Jumat 20 Nov 2020 09:32 WIB

Jadi Remaja Terjangkung di Dunia, Berapa Tinggi Ren Keyu?

Ren Keyu merupakan remaja berusia 14 tahun asal China.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ren Keyu, remaja asal China berusia 14 tahun yang menjadi anak tertinggi di dunia versi Guiness World Record.
Foto: Newsflash via The Sun
Ren Keyu, remaja asal China berusia 14 tahun yang menjadi anak tertinggi di dunia versi Guiness World Record.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang remaja asal China Ren Keyu memecahkan rekor Guinness World Record sebagai remaja tertinggi di dunia. Di umurnya yang ke-14 tahun, Ren tercatat memiliki tinggi 221,03 cm.

Mulanya, Ren mendaftarkan diri untuk kategori Tallest Youth (laki-laki) dalam Guinness Book of World Records. Setelah itu, pengukuran tinggi badan dilakukan tepat di hari ulang tahun Ren yang jatuh pada 18 Oktober.

Baca Juga

Proses pengukuran resmi ini diselenggarakan di kota kelahiran Ren, Leshan, pada Oktober. Petugas sertifikasi dari Guinness World Record turut hadir dalam proses tersebut. Selain itu, pengukuran ini juga dihadiri dokter dari Leshan People's Hospital dan jurnalis.

Guinness World Records lalu merilis pernyataan resmi mengenai hasil pengukuran tersebut. Dalam pernyataan itu, Guinness World Records secara resmi menobatkan Ren sebagai remaja tertinggi di dunia.

"Ren Keyu terukur (dengan tinggi) 221,03 cm yang mengejutkan," tulis Guinness World Records, seperti dilansir Times Now News.

Dua tahun sebelumnya, seorang jurnalis dari Red Star News pernah bertemu dengan Ren. Kala itu, Ren yang masih duduk di bangku sekolah dasar telah memiliki tinggi badan 6,59 kaki atau sekitar 200 cm.

Ren mengatakan, sejak mulai masuk sekolah dia menyadari bahwa dia lebih tinggi dari teman-teman seusianya. Cukup banyak murid di sekolahnya yang mengira Ren lebih dewasa dari usia sebenarnya.

"Dulu itu mengganggu saya, tetapi saya memutuskan untuk membuatnya menjadi sesuatu yang positif dengan mendaftarkan diri ke Guinness, untuk melihat apakah saya bisa mendapatkan rekor dunia," kata Ren.

Bulan lalu, seorang remaja perempuan asal Amerika Serikat juga mencetak rekor dunia. Remaja berusia 17 tahun tersebut tercatat sebagai perempuan dengan kaki terpanjang di dunia menurut Guinness World Record.

Remaja bernama Maci Currin tersebut memiliki tinggi badan 6 kaki 10 inci atau sekitar 208 cm. Akan tetapi, rekor perempuan tertinggi di dunia yang masih hidup saat ini dipegang oleh Sun Fang dari China dengan tinggi 7 kaki 3 inchi, atau sekitar 221 cm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement