Ahad 15 Nov 2020 20:09 WIB

Film The Karate Kid dari Masa ke Masa, Masih Ingat?

Garapan ulang The Karate Kid 2010 disebut hampir sebagus film orisinalnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film The Karate Kid.
Foto: Sony Pictures.
Salah satu adegan dalam film The Karate Kid.

REPUBLIKA.CO.ID,  LOS ANGELES -- Waralaba film The Karate Kid sudah berkembang dari sinema klasik menjadi sejumlah tayangan dengan cerita bervariasi. Ada sekuel film maupun garapan ulang yang menawarkan nuansa berbeda dari masa ke masa sebagai berikut, seperti dilansir di laman Screen Rant, Ahad (15/11).

1. The Karate Kid (1984)

Tayangan ini dianggap sebagai film klasik terinspiratif dan paling dicintai yang pernah dibuat. Meski ada formula serupa film Rocky, cerita dalam sinema arahan sutradara John G Avildsen ini menyentuh jiwa bagi siapapun yang menyimaknya.

Kondisi itu didukung plot legendaris serta ikatan kuat antara Daniel LaRusso (Ralph Macchio) dan Mr Miyagi (Pat Morita). Meski ditonton puluhan tahun kemudian, The Karate Kid dijamin memuaskan pemirsa dengan cerita yang tak lekang oleh masa.

2. The Karate Kid (2010)

Garapan ulang ini banyak disebut hampir sebagus film orisinalnya, walau sebenarnya bicara soal kung fu, bukan karate. Aktor muda Jaden Smith memerankan tokoh Dre, beradu akting dengan pemeran kawakan Jackie Chan sebagai mentornya, Mr Han.

Jaden dengan pesona remaja karismatik sangat bisa menumbuhkan simpatik terhadap sosok Dre. Begitu pula Jackie Chan dengan aktingnya yang sangat ikonik. Banyak orang terkesan dengan film ini, yang mengantongi pendapatan global 358 juta dolar AS itu.

3. The Karate Kid Part II (1986)

Sinema ini merupakan sekuel dari versi orisinal yang dirilis pada 1984, namun berpusat pada sosok Mr Miyagi. Daniel menemani Miyagi pulang ke kampung halamannya di Okinawa, Jepang, untuk menjenguk sang ayah yang sedang sakit.

Film ini tidak bisa menyaingi daya tarik film pertama, namun tetap menghangatkan hati kala menyimak persahabatan Daniel dan Mr Miyagi. Ada juga sejumlah elemen penting, serta lokasi syuting film yang berlangsung di Hawaii dan Okinawa.

4. The Karate Kid Part III (1989)

Meski menjadi sekuel pamungkas dari film yang diluncurkan pada 1984, bagian ini dianggap yang paling buruk. Plotnya membuat Daniel kembali ke Los Angeles, namun konflik ceritanya aneh dan mengganggu keseluruhan cerita yang sudah tertata rapi dari awal.

Ada banyak kejanggalan cerita, termasuk ujian hubungan antara Daniel dan Mr Miyagi. Daniel digambarkan sengat temperamental, irasional, dan tidak menyenangkan. Aktor Ralph Macchio pun menjadi terlalu tua memerankan Daniel yang berusia 18 tahun.

5. The Next Karate Kid (1994)

Aktor Ralph Macchio tidak lagi terlibat sebagai Daniel LaRusso, namun Pat Morita masih bertahan sebagai Miyagi. The Next Karate Kid juga menjadi debut akting film layar lebar bagi aktris Hillary Swank sebagai tokoh utama Julie Pierce.

Interaksi dua karakter itu cukup menarik, sayangnya jalinan konfliknya sangat standar dengan plot hambar dan kurang masuk akal. The Next Karate Kid mengalami kegagalan finansial dan banyak dikritik usai dirilis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement