Kamis 12 Nov 2020 21:14 WIB

10 Film Animasi Terlaris dalam 5 Tahun Terakhir

Film Frozen II menghasilkan pendapatan 1,45 miliar dolar AS.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Frozen 2.
Foto: Walt DIsney Studios.
Salah satu adegan dalam film Frozen 2.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film animasi memiliki daya tarik tersendiri bagi para penonton. Secara khusus para pembuat film menambahkan sentuhan fantasi pada pengalaman menonton di bioskop.

Petualangan film animasi sering kali sama intensnya dengan film live-action. Namun demikian, gambar film animasi biasanya lebih cerah. Pada film animasi, biasanya juga ada satu atau dua lagu yang menarik untuk disimak.

Berikut deretan film animasi terlaris dalam lima tahun terakhir, dilansir di laman The Spokesman, Kamis (12/11).

1. The Lion King (2019)

The Lion King merupakan film pembuatan ulang animasi komputer dari klasik Disney tahun 1994. Film ini menampilkan suara Donald Glover, James Earl Jones, Chiwetel Ejiofor, Beyoncé Knowles-Carter, Alfre Woodard, Seth Rogen, John Oliver dan banyak lainnya. Setelah diputar, film ini meraup 1,6 miliar dolar AS atau setara Rp 23 triliun dari 4.802 bioskop.

2. Frozen II (2019)

Film lanjutan Frozen (yang dirilis pada 2013) ini menghasilkan 1,45 miliar dolar AS atau setara Rp 20 triliun setelah diputar di 4.440 bioskop. Film ini menghadirkan kembali pengisi suara dari film pertama, termasuk Kristen Bell, Idina Menzel, Josh Gad, dan Jonathan Groff.

Lagu "Into the Unknown" menjadi lagu yang populer di kalangan penonton. Lagu ini dinominasikan untuk Oscar untuk lagu orisinal terbaik di Academy Awards ke-92 tetapi kalah dari "(I'm Gonna) Love Me Again" yang merupakan soundtrack film Rocketman.

3. Frozen (2013)

Ini adalah film pertama yang menampilkan Anna, Elsa, Olaf, dan Kristoff yang memiliki pendapatan kotor 1,3 miliar dolar AS atau setara Rp 18 triliun, setelah diputar di 3.742 bioskop. Karena lagu "Let it Go" sangat melekat di benak para pendengarnya, lagu ini pun memenangkan Oscar untuk lagu orisinal terbaik.

Film tersebut membawa pulang Piala Oscar untuk film animasi terbaik. Film dan lagunya juga menerima Golden Globes pada 2014.

4. The Incredibles 2 (2018)

The Incredibles 2 adalah salah satu sekuel film yang berhasil melampaui film pertamanya. Dengan pendapatan 1,2 miliar dolar AS atau setara Rp 17,5 triliun dari pemutaran di 4.410 bioskop, film itu menempati urutan keempat film animasi terlaris.

Film ini menceritakan keluarga pahlawan super Parr yang awalnya mencoba menyembunyikan kekuatan mereka. Namun kemudian harus bekerja untuk memulihkan kepercayaan publik pada pahlawan super.

5. Minions (2015)

Para Minion, karakter asisten Dr Gru yang berwarna ini pada awalnya diperkenalkan dalam film Despicable Me yang dirilis pada 2010. Namun, mereka mendapatkan sorotan oleh penonton dalam film Minions yang meraup 1,6 miliar dolar AS atau setara Rp 16 triliun dari pemutaran di 4.311 bioskop.

6. Toy Story 4 (2019)

Setelah Frozen, Toy Story adalah film waralaba kedua yang tidak hanya memiliki satu tapi dua film di peringkat 10 besar ini. Film Toy Story keempat dan terakhir, masih menampilkan suara Tom Hanks dan Tim Allen sebagai mainan favorit Woody dan Buzz Lightyear. Film ini menempati posisi keenam, setelah meraup 1,07 miliar dolar AS atau setara Rp 15,2 triliun dari pemutaran di 4.575 bioskop.

7. Toy Story 3 (2010)

Dalam seri ketiga waralaba Toy Story, Woody, Buzz Lightyear, Jessie, Rex, Slinky, Hamm, Mr dan Mrs Potato Head, Bullseye, dan mainan lainnya harus menemukan jalan pulang dari tempat penitipan anak yang mereka sumbangkan sebelum pemiliknya Andy pergi ke perguruan tinggi. Film ini menghasilkan 1,06 miliar dolar AS atau setara Rp 15,1 triliun dari pemutaran di 4.028 bioskop.

8. Despicable Me 3 (2017)

Gru kembali dalam film Despicable Me 3. Film ini meraup 1,03 miliar dolar AS atau setara Rp 14,6 triliun  dari pemutaran di 4.535 bioskop. Kali ini, Gru bekerja sama dengan Dru, saudara kembarnya yang telah lama hilang untuk mengalahkan musuh terbarunya Balthazar Bratt (Trey Parker). Miranda Cosgrove, Dana Gaier, Julie Andrews, Kristen Wiig, dan Steve Coogan mengulang peran suara mereka dari Despicable Me dan Despicable Me 2.

9. Finding Dory (2016)

Setelah Finding Nemo, penonton kembali diajak ke bioskop untuk berpetualang tentang ikan biru pelupa yang merupakan salah satu karakter favorit penonton. Film ini menghasilkan 1,02 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 14,5 triliun dari pemutaran di 4.305 bioskop.

Dalam Finding Dory, Marlin, Nemo, dan Crush, membantu Dory menemukan orang tuanya. Setelah dia ditangkap oleh peneliti, Dory berteman dengan beberapa makhluk lain sementara Marlin dan Nemo berusaha menyelamatkannya.

10. Zootopia (2016)

Film Zootopia meraup 1,02 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 14,5 dari pemutaran di 3.959 bioskop. Film ini menceritakan Judy Hopps (Ginnifer Goodwin), seorang petugas polisi baru, dan Nick Wilde (Jason Bateman), seorang penipu, yang harus bekerja sama untuk memecahkan kasus penghilangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement