Senin 09 Nov 2020 06:18 WIB

Komik Tanah Air Bertema Kebinekaan Diluncurkan

Terdapat 18 superhero atau pahlawan anak bangsa yang akan melawan para penjahat..

Komik (ilustrasi)
Foto: Raisan Al-Farisi/ Republika
Komik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kreator komik Tanah Air, Soegeanto Tan “Fun Master”, Deadora W, dan Angie Wu bekerja sama menghasilkan komik anak muda bertema kekuatan kebinekaan suku bangsa yang diluncurkan warga PPVNV, The Eminent, BSD, Tangerang Selatan pada Ahad (8/11). "Komik ini kita luncurkan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan 2020," kata Ketua Paguyuban Warga PPVNV, Wibawa Prasetyawan. 

Dalam komik tersebut, terdapat 18 superhero atau pahlawan anak bangsa, yang akan menghadapi 18 villain urban legenda Tanah Air. Para penjahat dalam komik mewakili perilaku minus anak muda zaman era sekarang. Meski menampilkan unsur budaya Indonesia, komik ini dikemas dengan gaya kekinian. 

"Tidaklah heran jika di lokasi acara kita melihat adanya tampilan tuyul modern yang mewakili sikap hedonisme, pocong modern sebagai simbol kegalauan masa depan dan beberapa karakter urban legend lainnya termasuk suster ngesot," ujarnya.

photo
Peluncuran komik anak muda bertema kekuatan kebhinekaan suku bangsa yang diluncurkan warga PPVNV, The Eminent, BSD, Tangerang Selatan pada Ahad (8/11). - (Dok. Pag)

Turut digelar penandatanganan buku, bedah buku dengan para penulis, serta story telling, yang disampaikan Alexandra Aprilina dan diiringi alunan musik Adri Prematura.  Wibawa menilai budaya mendongeng merupakan budaya yang baik untuk menularkan cara pandang suatu bangsa dari generasi ke generasi.  

"Melalui kegiatan ini kami berusaha menghidupkan kembali budaya mendongeng dengan materi 18 karakter unggul anak bangsa dalam komik Maestro Nusantara. Terlebih lagi, acara ini benar-benar dari warga dan untuk warga. Ini merupakan festival kreativitas dari warga," kata Wibawa.

Soegeanto Tan menilai, di momen pandemi Covid-19 bangsa Indonesia harus makin disadarkan pentingnya membangun semangat kebhinnekaan. "Banyak local wisdom jika kita hidupi dengan sungguh-sungguh akan mampu mentransformasi potensi kreativitas anak muda menjadi kekuatan ekonomi besar di saat puncak bonus demografi 2030. Acara hari ini semoga menjadi inspirasi bangkitnya para maestro nusantara masa depan," kata dia. 

Turut digelar, peresmian Pusat Layanan Warga PPVNV, The Eminent, BSD. Peresmian itu diapresiasi aparat Desa Pagedangan, Serpong, Tangerang Selatan, Ikhwan.

Adapun seluruh rangkaian kegiatan ini, dipandu MC Eben dan dihadiri puluhan keluarga dari berbagai usia. Juga dihelat fun game dan pentas kreativitas (art & technology) oleh warga PPVNV, face painting oleh Bernice Nia dan Ratu Wibawa Hati, serta demo augmented reality oleh Bryan Perwira ‘Quadmos’. 

Juga hadir dalam kesempatan itu Daniel Rudi Haryanto, sutradara film dokumenter yang malang-melintang membedah budaya nusantara.

"Seluruh kegiatan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan di saat pandemi Covid 19," kata Ketua Paguyuban tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement