REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Institut Penelitian Bisnis Korea Selatan telah merilis peringkat reputasi brand pada Oktober untuk setiap member girlband K-pop. Pemeringkatan ditentukan melalui analisa partisipasi konsumen, liputan media, komunikasi, dan indeks kesadaran masyarakat dari 510 anggota girlband.
Penelitian menggunakan big data yang dikumpulkan dari tanggal 17 September hingga 17 Oktober. Jennie Blackpink mempertahankan posisinya di puncak daftar pada Oktober dengan indeks reputasi brand senilai 3.919.492. Hal ini menandai kenaikan skornya sebesar 78,07 persen sejak September.
Dalam analisis, kata kunci yang digunakan untuk menentukan peringkat tinggi termasuk "Solo", "Netflix", dan "album". Sedangkan istilah terkait peringkat tertinggi Jennie mencakup "melampaui", "menyenangkan", dan "bersyukur". Analisis positif-negatif Jennie mengungkapkan skor reaksi positif 59,22 persen.
Arin dari grup Oh My Girl menempati posisi kedua dalam peringkat naik 94,99 persen dari bulan lalu. Ini adalah peningkatan yang mengesankan dalam indeks reputasi brand-nya. Total indeks Arin mencapai 3.322.064 untuk Oktober.
Terakhir, Jisoo Blackpink berada di posisi ketiga dengan indeks reputasi brand 3.293.081, menandai kenaikan skornya sebesar 21,64 persen sejak September.
Untuk lebih jelasnya berikut 10 teratas indeks reputasi brand dari berbagai member girlband pada Oktober seperti dilansir di laman Soompi, Ahad (18/10).
1. Jennie - Blackpink
2. Arin - Oh My Girl
3. Jisoo - Blackpink
4. Jiyeon - T-ara
5. YooA - Oh My Girl
6. Hwasa - Mamamoo
7. Rosé - Blackpink
8. Lisa - Blackpink
9. Seunghee - Oh My Girl
10. Bona - WJSN