Jumat 16 Oct 2020 21:29 WIB

Sony Music Gandeng Musisi Latin Distribusikan Konten Lokal

Sony Music akan distribusikan konten latin lokal secara global.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Sony Music Entertainment melakukan kerja sama dengan seorang rapper asal Puerto Rico, René Pérez Joglar atau yang dikenal dengan nama panggung, Residente (Foto: Sony Music)
Foto: Flickr
Sony Music Entertainment melakukan kerja sama dengan seorang rapper asal Puerto Rico, René Pérez Joglar atau yang dikenal dengan nama panggung, Residente (Foto: Sony Music)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sony Music Entertainment melakukan kerja sama dengan seorang rapper asal Puerto Rico, René Pérez Joglar atau yang dikenal dengan nama panggung, Residente. Kerja sama tersebut meliputi usaha multi tahun dengan meluncurkan 1868 Studio.

Dilansir di laman Deadline, Jumat (16/10), Residente dan Sony Music Latin akan membuat, memproduksi, dan mendistribusikan konten asli secara global. Konten itu fokus menghadirkan representasi otentik dari narasi budaya termasuk cerita Latin di depan dan di balik kamera.

Baca Juga

Residente akan memimpin tanggung jawab dalam hal aspek kreatif kemitraan. Dia akan menulis dan mengarahkan acara TV inklusif, film, dan konten layar lainnya yang akan didistribusikan ke berbagai platform.

Sementara, 1868 Studios berkomitmen Residente akan berkolaborasi dengan konsorsium kreatif internasional yang terdiri dari penulis, sutradara, bakat di layar, seniman musik, dan seniman visual untuk memberikan layanan kreatif untuk serangkaian proyek baru yang kuat. Sony Music Entertainment akan memberikan keahliannya dalam pembuatan konten, pemasaran, dan monetisasi untuk meningkatkan skala dan cakupan pekerjaan studio.

“Ada hal yang jauh lebih penting daripada berbicara tentang bisnis jutaan dolar di tengah pandemi, di mana pengangguran menjadi masalah yang lebih besar setiap hari. Tapi, bersama-sama, kami mengumumkan bahwa di bawah usaha ini akan ada peluang kerja bagi orang Latin di seluruh dunia," kata Residente.

Dia menyebut, di sepanjang karirnya, dia selalu tahu rap akan menjadi kendaraan yang akan membawanya untuk memenuhi hasrat yang sebenarnya yaitu bioskop. Dia menyebut akan membuat film, serial TV, dokumenter dan semua jenis konten visual, di mana prioritas utamanya adalah kreativitas.

"Saya bangga memiliki teman seperti Rob Stringer, Afo Verde, dan Tom Mackay, yang memahami kekuatan besar nilai seni yang tidak berwujud," kata Residente.

Chairman dan CEO, Sony Music Latin, Afo Verde mengatakan, Residente adalah seorang jenius kreatif yang karyanya telah menginspirasi industri musik global selama bertahun-tahun. Visi Residente telah menginspirasi para pembuat dan komunitas LatinX di seluruh dunia.

"Kemitraan ini memungkinkan kami menyalurkan keahliannya yang luas dan mengembangkan konten yang menarik dan beragam untuk penonton di mana pun," kata Verde.

Residente membuat sejarah sebagai salah satu artis peraih Grammy terbanyak sebagai anggota grup Calle 13 dan sebagai artis solo. Dia sempat mendatangi Sekolah Tinggi Seni dan Desain Savannah yang membantu menyulut hasratnya pada sinematografi yang menjadikannya memiliki pengalaman sinematografi dalam karir musiknya.

Karyanya pun diperhitungkan sebagai pemenang penghargaan video musik dan film berdurasi panjang. Film dokumenternya sendiri berjudul Residente yang menceritakan perjalanannya membuat album solo pertamanya. Dia telah diakui atas kontribusinya pada banyak organisasi dan tujuan filantropi dan menjabat sebagai duta Amnesty International dan merupakan penerima Penghargaan Pengakuan di KTT Dunia Peraih Nobel Perdamaian pada tahun 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement