Rabu 23 Sep 2020 21:05 WIB

Dalam Setahun, Ada 6,1 Miliar Cicitan K-Pop di Twitter

BTS menjadi grup terbanyak yang dibicarakan di Twitter selama setahun.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Kelompok musik Korea BTS.
Foto: AP
Kelompok musik Korea BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Twitter menjadi media sosial (medsos) yang kerap membicarakan topik-topik terkini, termasuk mengenai K-pop. Baru-baru ini, Twitter mengungkapkan data menarik untuk merayakan 10 tahun K-pop di Twitter.

Dilansir di laman Soompi, Rabu (23/9), Twitter membagikan laporan tentang statistik Twitter K-pop. Mereka mengumumkan, setidaknya ada total 6,1 miliar cicitan terkait K-pop dalam setahun terakhir.

Menurut data yang dirilis, beberapa negara menyumbang banyak cicitan mengenai K-pop selama 1 Juli 2019 hingga 30 Juni 2020. Negara yang menduduki peringkat pertama adalah Amerika Serikat (AS).

Negara kedua terbanyak menyumbang cicitan mengenai K-pop adalah Jepang. Kemudian disusul Korea Selatan di posisi tiga, dan Indonesia di peringkat empat Posisi kelima ditempati Filipina.

Twitter menggunakan dua metode dalam pengambilan data ini. Metode pertama menggunakan jumlah pengguna penggemar K-pop unik di Twitter untuk menentukan 20 pasar teratas. Sementara, metode kedua menggunakan jumlah total cicitan terkait K-pop.

BTS adalah grup yang terbanyak dibicarakan di semua wilayah, kecuali Thailand. Di negara Gajah Putih itu, kelompok GOT7 mengambil posisi teratas.

Twitter dan K-pop Radar bekerja sama untuk menganalisis cicitan di 20 negara mulai 1 Juli 2019 hingga 30 Juni 2020. Mereka menemukan sejumlah temuan, termasuk 10 artis K-pop yang paling banyak disebut. Antara lain BTS, EXO, GOT7,  Blackpink,  NCT 127, Monsta X, Seventeen, NCT Dream, Twice, dan Stray Kids.

Terdapat 10 lagu K-pop yang paling banyak disebut antara lain "Obsession" dari EXO, "ON" dari BTS, "Boy With Luv" dari BTS, "Black Swan" dari BTS dan "Shadow" dari BTS. Selanjutnya ada tembang "Jopping" dari SuperM, "DNA" dari BTS, "Not by the Moon" oleh GOT7, "How You Like That" oleh Blackpink, dan "Feel Special" dari Twice.

Twitter juga mencatat artis K-pop yang paling banyak diikuti. Pada akun grup, BTS menduduki posisi paling pertama dengan 28,5 juta pengikut. Disusul EXO dengan 8, 9 juta pengikut, GOT7 dengan 8,5 juta pengikut, Twice dengan 6 juta pengikut, dan Seventeen 5,6 juta pengikut.

Selanjutnya, TXT diikuti oleh 5,4 juta pengikut, Blackpink diikuti oleh 4,9 juta pengikut, NCT dengan 4,2 juta pengikut, Monsta X dengan 3,9 juta pengikut, dan Girls’ Generation dengan 3,5 juta pengikut.

Pada akun individual, Bigbang dari G-Dragon menduduki peringkat pertama akun yang paling banyak memiliki pengikut dengan 8,7 juta pengikut. Disusul Siwon Choi dari Super Junior dengan 7,1 juta pengikut, Nichkhun dari 2PM dengan 7 juta pengikut, BamBam dari GOT7 dengan 6,4 juta pengikut, dan Mark dari GOT 7 dengan 5,4 juta pengikut.

Selanjutnya, Sandara Park memiliki 5,4 juta pengikut, Donghae Super Junior memiliki 5,2 juta pengikut, Yesung dari grup yang sama dengan 5,2 juta pengikut. Member EXO Baekhyun memiliki 4,5 juta pengikut, dan member Super Junior Leeteuk memiliki 4,3 juta pengikut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement