Selasa 08 Sep 2020 18:48 WIB

Bosan Minum Susu yang Sama Setiap Hari? Coba Jenis Susu Ini

Mengonsumsi jenis susu berbeda diyakini bisa mengusir rasa bosan terhadap susu.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Mengonsumsi jenis susu berbeda diyakini bisa mengusir rasa bosan terhadap susu (Foto: ilustrasi susu)
Foto: Pxhere
Mengonsumsi jenis susu berbeda diyakini bisa mengusir rasa bosan terhadap susu (Foto: ilustrasi susu)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beraneka ragam jenis susu kian bermunculan dalam beberapa waktu terakhir. Sebut saja, seperti susu gandum hingga almond yang kini kian digemari banyak orang.

Jenis susu selain susu sapi biasanya dipilih terkait diet atau alergi. Namun, tak sedikit pula yang gemar mengolah susu sapi menjadi beragam rasa. Mengonsumsi jenis susu berbeda diyakini bisa mengusir rasa bosan mengonsumsi susu dan tetap mendapatkan manfaat dari susu.

Baca Juga

Apa saja jenis susu yang bisa dicoba? Berikat rekomendasinya seperti dilansir dari laman 10best.com, Selasa (8/9).

Susu almond

Susu almond terkenal diantara variasi susu selama beberapa tahun terakhir. Walau pembuatannya dianggap berdampak buruk pada ekosistem, peminatnya tetap banyak. Pada 2017, 64 persen dari susu non peternakan yang terjual di Amerika ialah jenis almond.

Susu kacang mede

Ketertarikan pada karena orang-orang didiga sadar bahayanya susu almond bagi lingkungan hidup. Jenis susu ini nyaris serupa almond dari segi rasa dan tekstur. Jenis susu itu lebih cocok untuk campuran sereal atau smoothies.

Susu gandum

Susu gandum biasa disajikan hangat dan menjadikannya komoditas menarik di kafe saat ini. Pertama ide susu gandum dicetuskan perusahaan asal Swedia, Oatly. Komposisi utamanya air yang ditambahkan ke gandum cair. Susu ini mengandung banyak serat dan ramah bagi lingkungan.

Susu kelapa

Air kelapa kini tak hanya digunakan untuk pembuatan masakan atau kue. Di tangan kreatif, air kelapa dijadikan susu berkrim yang enak di lidah. Jenis susu ini cocok digabungkan dengan kopi hangat atau dituang pada sereal. Sensasi creamy dapat anda rasakan saat mengonsumsinya.

Susu pisang

Jenis susu ini kaya riboflavin, potasium, vitamin E, B12 dan C. Tak salah menyebutnya jenis susu paling bernutrisi saat ini di pasaran. Namun jenis susu ini juga banyak kandungan gulanya sekitar 18 gram per penyajian. Jenis susu ini cocok dipadankan dengan kopi agar terasa creamy.

Susu kedelai

Susu kedelai lama terkenal di Indonesia sebagai variasi susu alternatif. Susu ini mungkin dianggap ketinggalan zaman lewat kehadiran susu almond atau gandum. Tapi kandungan potasium, protein dan protein A, B12 dan D sungguh bisa membuat anda sehat. Bahkan tingkat kalorinya lebih rendah dari susu peternakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement