Senin 24 Aug 2020 22:17 WIB

Ayus Sabyan Ungkap Inspirasi Lirik 'Fatimah Az Zahra'

Video klip Fatimah Az Zahra dibuat dengan konsep bercerita lewat lukisan pasir.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Peluncuran virtual lagu terbaru Sabyan bersama Hanin Dhiya berjudul Fatiman Az Zahra, Senin (24/8).
Foto: Dok VMC Music
Peluncuran virtual lagu terbaru Sabyan bersama Hanin Dhiya berjudul Fatiman Az Zahra, Senin (24/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sukses besar dengan lagu-lagunya, kini Sabyan kembali berkarya dengan menggandeng seorang penyanyi muda berbakat, Hanin Dhiya. Setelah berhasil memecahkan rekor penjualan CD terbanyak dalam waktu enam bulan di salah satu gerai restoran ayam, Sabyan bersama Hanin meluncurkan lagu berjudul “Fatimah Az Zahra”.

“Karakter vokal yang dimiliki Hanin melengkapi lagu “Fatimah” bersama Nisa,” ujar keyboardis Sabyan, Ahmad Fairus yang akrab disapa Ayus, dalam peluncuran virtual lagu “Fatimah Az Zahra” disimak di Jakarta, Senin (24/8).

Baca Juga

Untuk proses pembuatan video klipnya, Sabyan memilih dengan konsep bercerita lewat lukisan pasir. Penampilan Sabyan dan Hanin juga berada dalam studio, mengingat kondisi pandemi sehingga tidak dilakukan di luar ruangan. Saat prosesnya pun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Lagu "Fatimah Az Zahra" merupakan sebagian kisah dari putri Baginda Nabi Muhammad SAW ketika Rasulullah berjuang mensyiarkan agama Islam. Lirik dalam lagu ini merupakan penggambaran seorang Fatimah Az Zahra yang merupakan anak kesayangan Rasulullah.

Ayus mencoba membayangkan bagaimana Nabi Muhammad SAW melihat sikap dan pembawaan Fatimah yang sangat luar biasa. Berbagai perintah dan arahan Rasulullah dijalankan dengan ikhlas dan senang hati oleh sang putri demi kecintaannya terhadap ayahandanya.

 

Penggambaran seorang sayyidatina Fatimah dalam lirik ini, menurut Ayus, merupakan kiasan yang diciptakannya sebagai orang yang mengagumi putri Rasulullah dengan segala kisahnya. Ayus mendengar cerita Fatimah ketika ia mendalami ilmu agama, baik dari kitab suci Alquran maupun hadits serta kisah-kisah perjalanan Rasulullah.

“Saya juga cari orang yang paham cerita Fatimah. Seperti guru saya, yang membedah beberapa buku dan cerita Fatimah, baru akhirnya kami buat liriknya. Lagu ini bukan tentang satu kisah saja, ada empat kisah di situ. Semoga lagu ini bisa diterima masyarakat,” kata Ayus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement