Kamis 23 Jul 2020 23:25 WIB

Seorang Ibu Kehilangan Dua Anaknya Akibat Covid-19

Seorang ibu di Florida kehilangan dua anaknya dalam hitungan hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Seorang ibu di Florida kehilangan dua anaknya dalam hitungan hari karena Covid-19 (Foto: ilustrasi Covid-19)
Foto: www.freepik.com
Seorang ibu di Florida kehilangan dua anaknya dalam hitungan hari karena Covid-19 (Foto: ilustrasi Covid-19)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ibu dari enam orang anak di Florida, Amerika Serikat (AS), harus kehilangan dua orang anaknya dalam hitungan hari. Kedua anaknya yang sudah berusia dewasa tersebut dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19.

Ibu bernama Monete Hicks tersebut mengungkapkan bahwa dua anaknya, Byron dan Mychaela, terkena Covid-19 pada akhir Juni lalu. Byron dan Mychaela yang masih berusia 20-an tahun ini selalu berdiam diri di rumah selama pandemi Covid-19.

Baca Juga

Namun pada 27 Juni, anak lelaki Monete, Byron, bangun dalam keadaan sulit bernapas. Meski sudah dilarikan ke rumah sakit, Byron tak tertolong dan dinyatakan meninggal di hari yang sama.

Tiga hari kemudian, Mychaela mulai mengalami gejala demam dan sakit kepala. Meski gejalanya terbilang lebih ringan, Mychaela bersikukuh meminta sang ibu untuk segera mengantarnya ke rumah sakit.

"Mama, hidupkan mobilnya, ayo pergi (ke rumah sakit)," pinta Mychaela pada saat itu.

Siapa sangka, ternyata kerusakan organ terjadi dengan cepat di dalam tubuh Mychaela. Organ pertama yang mulai mengalami kerusakan adalah ginjal, setelah itu berlanjut ke organ hatinya.

"Dan itu terus berlanjut ke organ yang lain, lalu organ lainnya lagi," cerita Monete.

Mychaela akhirnya menghembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan selama satu minggu. Kehilangan ini membuat Monete terdorong untuk ikut meningkatkan kesadaran akan bahaya Covid-19 di tengah merebaknya hoaks dan sikap abai dari masyarakat terhadap Covid-19.

"Tanggapi ini dengan serius, ini bukan lelucon, ini bukan permainan, ini bukan sesuatu yang dibuat-buat pemerintah," ungkap ibu yang berasal dari Florida ini.

Monete mengatakan yang terpenting saat ini adalah semua orang bekerja sama agar tak ada lagi orang yang mengalami kehilangan seperti dirinya. Dia ingin agar setiap orang bisa hidup dengan aman, termasuk orang-orang terkasih.

"Tak ada yang menginginkan ini, tak seorang pun seharusnya merasakan rasa sakit ini," ujar Monete.

Monete berpesan agar masyarakat selalu menggunakan masker, mencuci tangan da menjaga jarak. Dia juga berpesan agar masyarakat tidak berkegiatan di luar rumah bila tak ada kepentingan.

Florida merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat yang terdampak cukup berat oleh Covid-19. Total kasus harian di Florida bertambah hingga lebih dari 10.000 kasus dalam waktu enam hari berturut-turut. Beberapa waktu lalu, Florida bahkan memecahkan rekor dengan penambahan kasus sebanyak 15.229 dalam satu hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement