Senin 06 Jul 2020 17:17 WIB

Komposer Film Kenamaan Italia Meninggal di Usia 91

Komposer film kenamaan Ennio Morricone meninggal dunia akibat patah tulang paha.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Komposer film kenamaan asal Italia Ennio Morricone meninggal dunia dalam usia 91 tahun.
Foto: EPA
Komposer film kenamaan asal Italia Ennio Morricone meninggal dunia dalam usia 91 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komposer film Italia Ennio Morricone dikabarkan meninggal di Roma pada usia 91 tahun. Menurut kantor berita Italia, Ansa, dia meninggal karena patah tulang paha.

"Adieu maestro dan terima kasih atas emosi yang Anda berikan kepada kami," ujar Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza seperti dikutip BBC, Senin (6/7).

Baca Juga

Sebagai komposer, Morricone juga diketahui membuat karya untuk film melambungkan nama aktor Amerika ternama, Clint Eastwood. Hingga akhir hayatnya, Morricone diketahui menjadi penulis musik produktif.

Beberapa karyanya yang terkenal adalah "Once Upon a Time in America." lalu "The Untouchables", dan "Cinema Paradiso." Setelah menerima Oscar kehormatan pada 2007, ia juga kembali memenangkannya pada 2016 untuk sinema garapan Quentin Tarantino, The Hateful Eight.

Sebelum kemenangannya untuk The Hateful Eight, Morricone juga menerima nominasi Oscar untuk Days of Heaven, The Mission, The Untouchable, Bugsy, dan Malena.  Selama tujuh dekade terakhir, Morricone, yang dikenal sebagai "Maestro" di kota asalnya Roma, telah mencetak lebih dari 500 karya di film.

Namun demikian, Morricone tetap dikenal karena melodi yang ia tulis untuk trilogi barat pada 1960-an yang dibuat Sergio Leone. Di mata Leone, kontribusi komposer seperti Morricone sangat diperlukannya saat itu, terlebih karena karyanya dinilai cocok.

"Musiknya selalu luar biasa dan dilakukan dengan kekuatan emosional yang hebat dan pemikiran intelektual yang hebat," ujar Hans Zimmer yang terkenal sebagai komposer kelahiran Jerman yang menggarap The Lion King, Crimson Tide, dan Kung Fu Panda.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement