Ahad 21 Jun 2020 05:44 WIB

Berawal Iseng, Wellisna Jadi Beauty Influencer Terkemuka

Influencer jadi tren profesi baru yang digemari masyarakat.

Buzzer dan Influencer di media sosial
Foto: growglowgo.wordpress.com
Buzzer dan Influencer di media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Strategi pemasaran di era digital yang dikuasai platform media sosial menggeser posisi para pesohor dunia maya menjadi influencer. Salah satu beauty influencer Tanah Air, Wellisna Merduani menilai, fonomena ketertarikan sejumlah institusi menggunakan influencer sebagai pendongkrak penjualan kini semakin mendorong masyarakat untuk kreatif di dunia maya. Tujuannya, demi menarik perhatian yang mengatrol popularitas sehingga membuat banyak pihak tertarik untuk bekerjasama.

“Banyak cara yang bisa dilakukan agar seseorang bisa menjadi influencer. Namun salah satu yang sering ditekankan oleh mereka yang telah terjun di bidang ini adalah dengan mencari satu spesifikasi konten atau bidang yang ingin kita ceritakan kepada khalayak. Semisal, memilih bidang yang sedang banyak digemari, yakni kecantikan," kata Wellisna, Sabtu (20/6).

photo
Wellisna Merduani - (Dok. Pri)

Dia menjelaskan, karena keunikan konten yang dibuat oleh para beauty influencer, membuat brand memiliki beragam cara untuk menyampaikan konten secara kreatif. Sementara jika brand memanfaatkan Google Ads dan Facebook Ads, mereka hanya akan memiliki 1-2 gaya penyampaian pesan saja. 

"Bukti bahwa strategi influencer marketing merupakan salah satu strategi yang efektif bagi brand, termasuk yang konsentrasi produknya adalah produk kecantikan. Dan karena permintaan yang besar dari brand ini jugalah yang menyebabkan sekarang banyak yang memilih profesi sebagai beauty influencer," kata Wellisna.

 

Salah satu kunci untuk bisa menjadi seorang beauty influencer yang sukses adalah dengan membina hubungan atau networking dengan para pelaku industri berkaitan. Menurut dia, beauty influencer dituntut  selalu menyempatkan diri hadir di berbagai acara dan menjalin jaringan dengan para pelaku industri khususnya kecantikan.

Gadis kelahiran Bandung, Jawa Barat ini menceritakan, semua awal mulanya berasal dari iseng bermain di media sosial. Di akun instagramnya, ia rajin mengunggah meme-meme dan video yang mengadirkan konten-konten riasan.

“Tahun 2018 adalah awal keisengan aku nge-youtube dengan menghadirkan konten-konten make-up daily. Alhamdulillah tahun 2019 udah dapat silver play button. Aku tetap konsesten di konten - konten make-up hingga saat ini," kata Wellisna.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement