Senin 08 Jun 2020 21:58 WIB

Dapat Banyak Dukungan, John Boyega Berterima Kasih

John Boyega menyuarakan dukungan terhadap gerakan Black Lives Matter.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Star Wars John Boyega menyampaikan pidato berapi-api dalam protes Black Lives Matter di London, Inggris, pada awal pekan lalu.
Foto: AP
Aktor Star Wars John Boyega menyampaikan pidato berapi-api dalam protes Black Lives Matter di London, Inggris, pada awal pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Star Wars John Boyega ikut turun ke jalan mendukung aksi demi kehidupan lebih baik untuk komunitas kulit hitam. Dia memberikan pidato yang menyatakan komitmen dan dukungan terhadap gerakan Black Lives Matter.

“Saya akan terus menggunakan platform saya untuk melawan ketidakadilan dan ketidaksetaraan di komunitas kami, apa pun yang terjadi,” kata Boyega seraya mendesak orang-orang bersatu untuk perubahan nyata, dilansir The Hollywood Reporter, Ahad (7/6).

Baca Juga

Boyega menyampaikan pidato berapi-api dalam protes Black Lives Matter di London, Inggris pada awal pekan lalu. Itu menjadi salah satu dari demonstrasi antirasisme besar yang terjadi di seluruh dunia setelah kematian George Floyd pada 25 Mei. Boyega pun berterima kasih kepada semua orang atas cinta dan dukungan terhadap komunitas kulit hitam.

“Saya ingin berterima kasih kepada Anda semua atas cinta dan dukungan yang telah Anda bagikan selama beberapa hari terakhir, meskipun sesungguhnya saya belum melakukan apapun yang layak untuk dipuji,” tulis sang aktor dalam sebuah unggahan Instagram.

“Ini adalah waktu yang intens bagi komunitas kami dan yang paling penting bagi kami adalah menjaga momentum dan tidak melupakan betapa pentingnya untuk mengejar solusi dan komitmen jangka panjang demi generasi kami dan selanjutnya,” tulis Boyega.

Sekarang, menurut Boyega, penting menggunakan gerakan itu sebagai “bahan bakar” untuk menginspirasi cara berpikir, membangun, dan tumbuh bersama-sama. Dia meyakini setiap gerakan besar dimulai dengan pembaruan pikiran.

“Saya tahu Anda semua berpikir, apa yang selanjutnya? Ke mana kita pergi dari sini? Karena saya memikirkan masalah yang sama,” ujar dia.

"Pembicaraan tentang bisnis untuk kulit hitam, kepemilikan, dan dukungan sedang terjadi, dan saya akan terus melakukan percakapan ini dengan maksud melahirkan gagasan berkelanjutan dan nyata. Mari kita menambah pengetahuan kita! Saya senang melihat kebangkitan terjadi di kita semua!”

Meskipun mendapat dukungan dari banyak tokoh Hollywood untuk pidatonya, termasuk Jordan Peele, JJ Abrams, Olivia Wilde, dan banyak lagi, Boyega menekankan membuat perubahan tidak bisa dilakukan satu orang sendiri.

"Aku membutuhkanmu dan kita saling membutuhkan! Kita membutuhkan semua orang, lintas industri, latar belakang sosial-ekonomi, negara-negara, untuk bersatu dengan tujuan bersama dari perubahan nyata,” kata dia.

Sebelum pandemi Covid-19, Boyega mengunjungi sekolah-sekolah di Southwark untuk berbagi perjalanan dan memahami pikiran dan kebutuhan generasi selanjutnya. Perjalanan itu membuat dia membuka mata dan inspirasi untuk berkontribusi lebih banyak terhadap mereka.

Saat itu, Boyega mendesak para lelaki kulit hitam di komunitasnya melakukan hal yang sama. Dia menekankan bahwa menghubungkan dan memotivasi anak-anak menuju masa depan lebih kuat dan cerah itu sangat mendesak dan perlu dilakukan.

“Mari kita bekerja membersihkan landasan pacu untuk mereka sehingga mereka bisa lepas landas, dan terbang. Cintai semua orang, dan tetap aman,” ujar Boyega.

Awal pekan ini, aktor berusia 28 tahun itu berbicara kepada orang banyak melalui megafon di Hyde Park di London, di mana ia secara emosional berbicara tentang betapa kehidupan orang kulit hitam selalu penting. “Kami selalu penting, kami selalu berarti sesuatu, kami selalu berhasil, dan sekarang saatnya. Saya tidak menunggu,” dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement