Rabu 03 Jun 2020 11:16 WIB

Rumah Mode Dunia Turut Gaungkan Black Lives Matter

Rumah mode dunia menyuarakan aspirasinya dalam menentang tindakan rasisme.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pengunjuk rasa mengibarkan bendera pada aksi solidaritas di Las Vegas, atas tewasnya George Floyd di Minneapolis. Sejumlah rumah mode turut bersuara dan bergabung dalam aksi solidaritas Black Lives Matter.
Foto: AP Photo/John Locher
Pengunjuk rasa mengibarkan bendera pada aksi solidaritas di Las Vegas, atas tewasnya George Floyd di Minneapolis. Sejumlah rumah mode turut bersuara dan bergabung dalam aksi solidaritas Black Lives Matter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah seorang warga kulit hitam George Floyd meninggal di tangan polisi Derek Chauvin, gelombang protes meletus di seluruh Amerika Serikat dan dunia. Aksi damai telah berubah menjadi kerusuhan dan penjarahan.

Namun demikian, solidaritas dan kampanye antirasis terus mengalir, bahkan merek-merek kesohor seperti Gucci, Louis Vuitton, Prada dan lainnya. Dalam akun Instagram resminya, merek tersebut menggemakan tagar Black Lives Matter.

Baca Juga

1. Burberry

Dalam akun Instagram-nya, Burberry mendukung perubahan dan solidaritas untuk orang kulit hitam. Pembunuhan George Floyd, Breonna Taylor, Ahmaud Arbery, Tony McDade, dan lainnya merupakan alarm menyakitkan tentang bagaimana rasisme dan segala bentuk ketidaksetaraan masih terjadi.

"Sebagai manusia, kita semua perlu berbuat lebih baik. Jika kita ingin membangun masyarakat yang benar-benar inklusif di mana setiap orang dihormati dan dihargai, kita perlu berbicara, mendengarkan dan belajar satu sama lain dan mengambil tindakan," demikian tulis Burberry.

"Di Burberry, kami telah membuat komitmen untuk mengembangkan budaya inklusi, keadilan, dan kepemilikan. Sekarang, lebih dari sebelumnya, kami sangat mendukungnya, diberitahukan satu sama lain dan Dewan Keragaman dan Inklusi kami," tambah Burberry.

2. Calvin Klein

Rumah mode asal AS ini juga angkat bicara soal peristiwa beberapa pekan terakhir, termasuk pembunuhan George Floyd, Ahmaud Arbery, Breonna Taylor, serta gelombang protes menentang rasisme dan ketidakadilan struktural yang ada di Amerika.

"Komitmen kami adalah memastikan organisasi tempat kami saling mendukung dalam dialog yang terbuka dan jujur, menyediakan sumber daya untuk pendidikan lebih lanjut tentang masalah yang memengaruhi tim kami, mempraktikkan empati, dan menggunakan suara kami untuk membela apa yang benar," demikian pernyataan Calvin Klein.

Calvin Klein juga akan memberikan sumbangan dan mendukung perang melawan ketidakadilan rasial dan sosial. Jenama ini berjanji bakal terus mengeksplorasi bagaimana fesyen dapat memerangi rasisme dan ketidakadilan sistemik.

3. Dior

Dalam akun Instagram-nya, Dior juga mendukung perang melawan rasisme, tindakan agresi dan ketidakadilan. Dior tidak mentolerir segala bentuk diskriminasi dan kekerasan.

"Kami percaya pada kemanusiaan dan pentingnya keadilan di setiap kehidupan," demikian kata Dior seraya menambahkan tagar #blacklivesmatter.

4. Fendi

Rumah mode asal Italia, Fendi, juga turut bersuara. Melalui akun Instagram resminya, Fendi mengunggah foto hitam gelap seraya menuliskan caption bahwa keluarga besar Fendi menentang segala bentuk rasisme.

5. Gucci

Gucci juga ikut mendukung perlawanan antirasis dan ketidakadilan. Dalam Instagram resminya, Gucci mengunggah foto yang bertuliskan tentang bagaimana mengakhiri rasisme mulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga.

6. Louis Vuitton

Rumah mode asal Prancis ini juga turut mendukung perlawanan antirasis dan mengampanyekan perubahan dan perdamaian bersama. Di akun Instagram-nya, Louis Vuitton juga meramaikan tagar #BlackLivesMatter.

8. Prada

Grup Prada mengaku sangat marah dan sedih dengan ketidakadilan yang dialami komunitas kulit hitam. Prada juga melawan sikap rasisme.

"Kami mengangkat suara kami dan terus bekerja dengan Dewan Keanekaragaman dan Inklusi untuk memperjuangkan keadilan rasial di mana pun," demikian kata Prada.

9. Tom Ford

Rumah mode asal Amerika Serikat (AS) Tom Ford juga mengutuk semua bentuk rasisme, kekerasan, dan kebencian. Tom Ford juga berdiri bersama masyarakat kulit hitam.

10. Versace

Jenama Versace secara tegas juga menunjukkan dukungan untuk melawan segala bentuk rasisme. Dalam akun Instagram-nya, Versace mengampanyekan menolak rasisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement