Selasa 28 Apr 2020 03:35 WIB

Cara Mudah Membuat Susu Evaporasi di Rumah

Susu evaporasi hanya membutuhkan proses pemanasan sehingga mudah dibuat di rumah.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
 Susu evaporasi hanya membutuhkan proses pemanasan sehingga mudah dibuat di rumah (Foto: ilustrasi susu)
Foto: Pxhere
Susu evaporasi hanya membutuhkan proses pemanasan sehingga mudah dibuat di rumah (Foto: ilustrasi susu)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu evaporasi menjadi salah satu bahan yang wajib dimiliki bagi Anda yang merupakan penikmat kuliner puding lezat atau krim isi. Namun, barang ini cukup sulit ditemukan di tengah pandemik Covid-19.

Bila tak punya susu evaporasi, Anda bisa membuatnya di rumah. Sebab, susu evaporasi,merupakan bahan yang ternyata sangat mudah untuk dibuat.

Baca Juga

Dilansir di laman Womans World, Selasa (28/4), susu evaporasi merupakan susu biasa yang 60 persen kandungan airnya dikeluarkan. Ini biasanya dilakukan dengan memanaskan susu ke suhu yang cukup tinggi sehingga air menguap menjadi uap.

Supaya jelas, susu yang diuapkan tidak sama dengan susu kental. Susu kental juga memiliki kandungan air yang dihilangkan melalui pemanasan, tetapi ditambahkan gula sehingga rasanya menjadi manis.

Sementara, susu evaporasi tidak mengandung pemanis tambahan. Karena airnya dihilangkan, susu ini menghasilkan tekstur yang lebih halus dan lebih kental dibandingkan dengan susu biasa.

Susu evaporasi digunakan dalam resep untuk menambah krim, mengentalkan saus, dan lainnya. Karena tidak dimaniskan, Anda dapat menggunakannya dalam resep makanan manis mapun makanan gurih. Susu evaporasi juga dapat digunakan sebagai creamer untuk kopi dan teh.

Membuat susu evaporasi hanya membutuhkan pemanasan, sangat mudah membuatnya di rumah. Anda dapat menggunakan susu murni atau susu rendah lemak. Namun, susu murni akan memiliki hasil akhir yang lebih lembut.

Untuk memulainya, tuangkan dua cangkir susu ke dalam panci besar. Kemudian, tempatkan sendok kayu ke dalam panci, pegang dengan tegak.

Angkat sendok dan tandai bagian atas garis susu dengan pena kecil atau tanda pensil. Kemudian, didihkan susu. Setelah mendidih, kurangi panas atau gunakan api kecil untuk mencegah susu terbakar.

Biarkan susu mendidih hingga susu berkurang menjadi dua cangkir, yang dapat diukur dengan sendok. Jika demikian, artinya kadar air di dalam susu telah berkurang sekitar 60 persen.

Gunakan kain katun tipis untuk menyaring susu evaporasi. Lalu, tuangkan susu ke dalam wadah kedap udara.

Menyimpan susu di dalam lemari es bisa membuatnya tahan hingga dua pekan lamanya. Setelahnya, susu evaporasi pun siap dijadikan bahan pelengkap menu Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement