Sabtu 25 Apr 2020 15:38 WIB

Galang Dana Corona, Veteran PD II Diganjar Dua Rekor Dunia

Tom Moore yang telah berusia hampir 100 tahun galang dana untuk bantu NHS.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Reiny Dwinanda
Veteran Perang Dunia II asal Inggris, Kapten Tom Moore, berhasil mengumpulkan 28,6 juta poundsterling untuk NHS dengan menyelesaikan tantangan untuk mengelilingi kebunnya.
Foto: EPA
Veteran Perang Dunia II asal Inggris, Kapten Tom Moore, berhasil mengumpulkan 28,6 juta poundsterling untuk NHS dengan menyelesaikan tantangan untuk mengelilingi kebunnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Veteran Perang Dunia II asal Inggris, Kapten Tom Moore, dianugrahi dua rekor dunia pada Jumat (24/4) waktu setempat. Tom mencatatkan rekor setelah berhasil melakukan penggalangan dana terbanyak yang dia lakukan sendiri.

Seperti diwartakan CNA, Moore berhasil mengumpulkan dana 28,6 juta poundsterling yang dia sumbangkan ke Layanan Kesehatan Nasional (NHS). Dana puluhan juta itu dia kumpulkan dengan tantangan untuk mengelilingi kebunnya.

Baca Juga

Moore awalnya hanya berharap untuk menggalang dana sekitar 1.000 poundsterling saja. Namun, kegiatan yang dia lakukan menarik perhatian media yang kemudian mempublikasikanya hingga mendapat atensi warga dunia.

Moore juga dikenal sebagai orang tertua yang menduduki tangga lagu tertinggi di Inggris melalui penampilannya bersama penyanyi Michael Ball di sampul "You're Never Walk Alone". Kegiatan itu juga dia lakukan sebagai penggalangan dana untuk layanan kesehatan.

"Perjalanan amal saya telah mengumpulkan lebih banyak uang daripada yang dapat saya bayangkan dan saya sangat berterima kasih kepada mereka yang telah menyumbangkan uang dan membeli single tersebut sehingga kami dapat mencapai catatan ini bersama-sama dan mengumpulkan uang untuk NHS selama masa-masa sulit ini," kata Tom Moore.

Moore, yang berusia 100 tahun pada 30 April nanti, merasa terhormat atas penghargaan yang diberikan itu. Guinness World Records mengatakan bahwa gelar penyanyi tertua sebelumnya dipegang bintang asal Wales, Tom Jones yang berusia 68 tahun ketika ia bernyanyi untuk kegiatan amal "Barry Islands in the Stream" pada 2009 lalu.

Sementara, rekor penggalanan dana dengan berjalan sebelumnya dipegang oleh atlet Kanada Terry Fox selama 40 tahun terakhir. Fox telah kehilangan kaki karena kanker ketika dia masih remaja.

Dia lantas memulai lintas Kanada pada 1980 dengan mencelupkan anggota tubuh tiruannya ke Samudera Atlantik dengan tujuan untuk sampai ke Pasifik. Setelah berjalan 5.376 km kanker telah menyebar ke paru-parunya dan memaksanya untuk berhenti di dekat Thunder Bay, Ontario, pada 1 September 1980.

Fox meninggal kurang dari setahun kemudian dalam usia 22 tahun. Guinness World Records mengatakanm Fox mengumpulkan dana sekitar 14,7 juta dolar Amerika Serikat saat itu atau setara dengan 27,2 juta poundsterling saat ini setelah disesuaikan dengan inflasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement