Rabu 15 Apr 2020 07:43 WIB

5 Trik Membuat Sayuran Hijau Tahan Lama

Sayuran hijau memiliki masa penyimpanan yang pendek.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
 Sayuran hijau memiliki masa penyimpanan yang pendek (Foto: ilustrasi sayuran hijau)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Sayuran hijau memiliki masa penyimpanan yang pendek (Foto: ilustrasi sayuran hijau)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sayuran hijau merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diolah menjadi beragam sajian, mulai dari smoothie hingga salad. Tak heran bila sebagian orang membeli sayuran hijau dalam jumlah lebih banyak sebagai persediaan selama berdiam diri di rumah.

Karena memiliki masa penyimpanan yang pendek, sayuran hijau yang sudah terlanjur dibeli dalam jumlah banyak lalu tak terpakai bisa cepat layu dan berlendir. Akibatnya, sayuran tersebut menjadi tak layak makan dan berakhir di tempat sampah.

Baca Juga

Ada lima trik yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa penyimpanan sayuran hijau. Berikut ini adalah kelima trik tersebut seperti dilansir Health, Rabu (15/4).

Trik Membeli I: Pilih Sayur Dalam Wadah

Saat berbelanja sayuran hijau, pilih sayuran yang disimpan dalam wadah plastik clamshell. Wadah ini berfungsi untuk melindungi sayur dari benturan selama proses distribusi yang panjang. Wadah ini juga bisa digunakan ulang untuk menyimpan sayuran lain di rumah.

Trik Membeli II: Pilih Yang Lebih Tahan Lama

Beberapa sayuran seperti selada mentega cenderung layu lebih cepat. Saat membeli sayuran hijau, sebaiknya pilih sayuran yang bisa bertahan dalam kondisi segar lebih lama seperti arugula, selada air, bayam baby dan kale baby. Selain bisa tetap segar dalam waktu yang lebih lama, sayuran-sayuran ini juga bisa dikreasikan menjadi beragam sajian.

photo
Sayuran hijau (Ilustrasi) - (Boldsky)

Trik Membeli III: Cari Yang Paling Segar

Sayuran hijau biasanya dijual dalam kondisi ditumpuk. Luangkan sedikit waktu untuk mencari sayuran yang paling segar. Sayuran yang diletakkan paling atas atau paling depan biasanya memiliki masa kadaluarsa yang paling dekat.

Trik Menyimpan I: Handuk Kertas

Bila membeli sayuran hijau yang dikemas dalam plastik, masukkan selembar paper towel atau handuk kertas ke dalam plastik tersebut. Handuk kertas berfungsi untuk menyerap kelembapan yang dapat membuat sayuran hijau cepat layu. Dengan memasukkan handuk kertas, sayuran hijau bisa bertahan dalam kondisi segar lebih lama. Ganti handuk kertas ini setiap hari untuk hasil yang terbaik.

Trik Menyimpan II: Wadah Terpisah untuk Selada

Selada juga kerap dijual dalam kemasan plastik. Selada sebaiknya dikeluarkan dari plastik tersebut dan diletakkan ke dalam wadah kedap udara.

Sebelum memasukkan selada ke wadah, lapisi dasar wadah dengan handuk kertas yang berfungsi untuk menyerap kelembapan. Setelah itu, letakkan selada di atas handuk kertas tersebut. Tutupi kembali bagian atas selada dengan handuk kertas.

Simpan wadah berisi selada ini di kulkas bagian bawah yang dikhususkan untuk menyimpan sayuran atau crisper drawer. Pastikan tidak menempatkan terlalu banyak selada di dalam wadah agar ada ruang kosong yang tersisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement