Rabu 08 Apr 2020 09:00 WIB

Wow, Kacang Arab Bisa Kurangi Berat Badan

Kabdungan energi di dalam kacang arab tak membuat berat badan melonjak.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Kacang-kacangan merupakan salah stau makanan kaya serat.
Foto: Pixabay
Kacang-kacangan merupakan salah stau makanan kaya serat.

JAKARTA -- Kacang Arab punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dengan kandungan gizi di dalamnya. Kacang jenis pistachio itu ternyata bisa membantu mengurangi berat badan. Dilansir dari Healthline Media pada Selasa, (7/4), kacang Arab merupakan makanan kaya energi. Tapi kandungan energi di dalamnya tak membuat berat badan melonjak.

Berdasarkan sejumlah studi, kacang Arab kaya serat dan protein. Kedua zat itu mampu menimbulkan perasaan kenyang sehingga mengurangi potensi makan berlebihan. Hal inilah yang mengurangi anda dari ngemil terlalu banyak.

Dalam 12 pekan program pengurangan berat badan, mereka yang makan 53 gram kacang Arab tiap hari sebagai snack sore bisa mengurangi indeks massa tubuh dua kali lipat. Lalu dalam studi selama 24 pekan, terungkap mereka yang mengonsumsi 20 persen kalori dari kacang Arab terkikis lemaknya sekitar 1,5 cm dibanding mereka yang tak makan kacang Arab.

Faktor di balik pengurangan berat badan karena konsumsi kacang Arab ialah kandungan lemak di dalamnya tak sepenuhnya diserap tubuh. Sedangkan kandungan lemak dari kadang jenis lain biasanya langsung diserap tubuh seutuhnya. Alhasil terjadi malabsorpsi lemak oleh tubuh.

Dari aspek psikologis, konsumsi kacang Arab dianggap lebih sehat. Kacang Arab yang berada di dalam cangkang membuat anda wajib membukanya lebih dulu sebelum bisa dimakan. Proses ini akan menyita waktu untuk memperlambat makan.

Kemudian, jumlah kulit kacang yang tertinggal seolah menjadi pengingat berapa banyak kacang yang sudah dikonsumsi. Dari salah satu studi menunjukkan bahwa pengonsumsi kacang Arab berkulit makan 41 persen lebih sedikit daripada mereka yang makan kacang Arab tanpa kulit. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement