Rabu 04 Mar 2020 13:47 WIB

LSF Beri Rating Semua Umur, Onward Ada Karakter LGBTQ-nya

Film Onward yang memuat karakter LGBTQ secara terbuka diberi rating Semua Umur oleh LSF.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Cuplikan adegan dalam film animasi Onward. Tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka, Onward dapat rating Semua Umur dari LSF. Di Malaysia, dirating P13.
Foto: Dok Disney-Pixar
Cuplikan adegan dalam film animasi Onward. Tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka, Onward dapat rating Semua Umur dari LSF. Di Malaysia, dirating P13.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Film Onward yang tayang Rabu (4/3) di bioskop Indonesia menadapat rating semua umur dari Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia. Sudah tepatkah klasifikasi tersebut?

Laman Disney Malaysia mengungkap, sinema berdurasi 1 jam 43 menit ini mendapat rating P13. Itu artinya, bimbingan orang tua disarankan untuk penonton cilik di bawah 13 tahun.

Baca Juga

Onward menjadi film animasi Disney-Pixar pertama yang secara terbuka memperkenalkan karakter lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer (LGBTQ). Informasi tersebut diungkap langsung oleh produser dan sutradara film melalui wawancara dengan sejumlah media asing. Dikutip dari laman People, tokoh yang dimaksud adalah polisi perempuan berwujud Cyclops bernama Specter, yang suaranya diisi aktris Lena Waithe.

Republika.co.id mendapati kebenarannya saat menyaksikan film Onward dalam pemutaran terbatas untuk awak media dan tamu undangan pekan lalu. Pada salah satu adegan, dua tokoh utama, Barley (Chris Pratt) dan Ian (Tom Holland), mendapat masalah karena melanggar peraturan lalu lintas. Dua orang polisi kemudian menyetop mereka.

Dengan kekuatan magis tertentu, Barley dan Ian menyamar sebagai sosok polisi lain. Saat perbincangan itulah salah satu polisi wanita, yakni Specter, semacam curcol. Dia mengaku merasa terganggu dengan kelakuan anak-anak kekasih sesama jenisnya.

Dalam terjemahan bahasa Indonesia, tertulis kata "pacar", tetapi terdengar jelas tokoh itu mengucapkan "girlfriend". Dialog itu mungkin hanya sekejap dan sangat mungkin luput dari perhatian penonton, tetapi sangat disayangkan masih tersemat pada film semua umur.

 

Seusai film, Republika.co.id bertanya kepada penonton lain mengenai dialog singkat itu, tetapi tampaknya tidak banyak yang menyadarinya. Apalagi, sosok Specter terlihat tinggi, tegap, dan bersuara berat sehingga bisa saja dikira laki-laki.

Meski demikian, jika dilihat kembali dengan saksama dalam sejumlah foto adegan dan poster, Specter memang digambarkan memiliki payudara. Adapun jenis kelaminnya diungkap sendiri oleh sutradara dan produser yang menyebutnya sebagai karakter LGBTQ.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement