Selasa 25 Feb 2020 09:09 WIB

Lena Waithe Isi Suara Karakter LGBTQ di Film Onward

Aktris penyuka sesama jenis Lena Waithe isi suara karakter LGBTQ di film Onward.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Lena Waithe mengisi suara karakter LGBTQ di film Onward.
Foto: AP
Aktris Lena Waithe mengisi suara karakter LGBTQ di film Onward.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Studio animasi Pixar untuk pertama kalinya menampilkan karakter Lesbian Gay Biseksual Transgender Queer (LGBTQ) secara terbuka dalam film garapan bersama Disney, Onward. Karakter ini diisi suara oleh aktris dan penulis skenario Lena Waithe yang juga seorang penyuka sesama jenis.

Waithe mendapat peran sebagai pengisi suara seorang polwan bermata satu berkulit biru bernama Spector. Tokoh tersebut memang bukan peran utama di Onward, namun ada dialog eksplisit yang menyebutkan kecenderungan orientasi seksualnya.

Baca Juga

Dilansir New York Post, tidak seperti karakter dalam film-film Pixar sebelumnya, tokoh LGBTQ di Onward diperlihatkan secara jelas. Penonton tidak perlu lagi menebak atau menduga-duga apakah mereka sedang melihat karakter seperti itu karena di Onward dinyatakan dengan jelas bahwa polwan Spector menjalin hubungan percintaan dengan perempuan lainnya.

“Putri dari pacar perempuan saya membuat saya ingin menjambak rambut,” ujar salah satu dialog dari Spector dalam Onward, seperti dilaporkan oleh Slate.

Dialog itu menunjukkan kegemasan yang dihadapi Spector saat ikut mengasuh anak dari kekasihnya yang merupakan seorang ibu. Meski menjadi momen utama yang memperlihatkan secara jelas Spector sebagai lesbian, namun orang-orang yang sudah menonton film ini menyebut, adegan itu hanya sebentar dan mudah terlewatkan.

Dialog itu juga dinilai tidak menjadi fokus adegan. Sebelumnya, banyak penggemar film animasi berspekulasi bahwa Pixar menampilkan karakter lesbian dalam Finding Dory pada 2016. Meski demikian, anak perusahaan Disney itu tidak pernah mengonfirmasinya.

Selain itu, di film live-action Beauty and the Beast dari Disney, terdapat tokoh yang digambarkan sebagai seorang gay bernama LeFou. Kemudian ada Star Wars: The Rise of Skywalker yang sekilas menampilkan adegan ciuman sesama perempuan di kubu Resistance.

Onward dijadwalkan tayang di bioskop seluruh dunia pada 6 Maret mendatang. Tom Holland dan Chris Pratt menjadi pengisi suara dari dua tokoh utama di film yang mengisahkan petualangan dua saudara laki-laki dalam usaha mereka untuk menghidupkan kembali sang ayah dengan bantuan tongkat ajaib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement