Ahad 01 Mar 2020 22:28 WIB

10 Jajanan Pinggir Jalan Tokyo yang Menggiurkan (1)

Jajanan pinggir jalan di Tokyo juga memiliki beragam varian yang menggugah selera.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Jajanan pinggir jalan di Tokyo juga memiliki beragam varian yang menggugah selera (Foto: suasana street food di Jepang)
Foto: Yokota Air Base
Jajanan pinggir jalan di Tokyo juga memiliki beragam varian yang menggugah selera (Foto: suasana street food di Jepang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di kota yang bergerak dengan cepat seperti Tokyo, jajanan pinggir jalan kerap menjadi pilihan banyak orang untuk bersantap. Tak heran bila kedai-kedai jajanan pinggir jalan berjamur di area-area sekitar stasiun kereta dan area pejalan kaki di kota tersebut.

Selain menawarkan penyajian yang cepat, jajanan pinggir jalan di Tokyo juga memiliki beragam varian yang menggugah selera. Berikut ini adalah 10 jajanan pinggir jalan ala Tokyo yang paling populer, seperti dilansir 10Best, Ahad (1/3).

Baca Juga

Ikayaki

Ika berarti cumi-cumi dan yaki berarti panggang. Ikayaki merupakan sajian cumi panggang berbentuk tipis dan asin. Ikayaki memiliki bagian pinggir yang flaky dengan tekstur yang kenyal di bagian tengah.

Ikayaki dibuat dengan cara mencelupkan cumi-cumi mentah ke adonan tepung kentang. Bahan-bahan ini kemudian ditekan hingga menjadi rata di pemanggang yang sudah dilapisi minyak. Camilan ini lebih ringan bila dibandingkan dengan takoyaki.

Nure Okaki

Nure okaki dikenal juga sebagai cracker beras basah karena nure berarti basah dan okaki berarti cracker beras. Cracker yang memiliki tekstur garing ini memiliki masa penyimpanan yang cukup lama.

Untuk menyantapnya, sebagian orang merendam nure okaki ke kecap asin, sebagain lain membungkusnya dengan nori. Ada pula versi pedas dari nure okaki yang diselimuti dengan paprika merah.

photo
Street Food Jepang, Dango (Source: wikipedia)

Oinarisan

Oinarisan juga dikenal dengan nama inari sushi. Oinarisan merupakan sajian yang terdiri dari bola-bola nasi yang dimasukkan ke dalam kulit tahu.

Dalam penyajiannya, bola nasi yang dimasukkan ke dalam kulit tahu ini kerap dilengkapi dengan beragam topping. Sebagian besar topping yang disajikan bersama oinarisan adalah topping yang biasa disajikan pada sushi.

Keripik Calbee

Calbee merupakan merek camilan terkemuka di Jepang. Beberapa toko Calbee bisa ditemukan dengan mudah di Tokyo. Toko-toko ini menjual keripik kentang yang disajikan dengan beragam topping, di antaranya madu, maple, mentega dan cokelat.

Karaage

Jepang memiliki versi popcorn ayam tersendiri yang dikenal sebagai karaage. Karaage merupakan sajian ayam goreng yang dibuat dengan tepung kentang. Sajian ini memiliki aroma bawang putih dan jahe yang memperkaya cita rasa.

Dango

Dango merupakan camilan berbentuk bulat dan bertekstur kenyal yang terbuat dari tepung beras. Dango memiliki rasa manis dan umumnya disajikan dalam bentuk sate yang terdiri dari tiga atau empat bola dango.

Dango bisa disajikan dengan beragam coating. Kibi dango misalnya, merupakan sajian dango yang dilapisi dengan bubuk kedelai bernama kinako.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement