Ahad 01 Mar 2020 20:45 WIB

Label Semua Umur Film Onward Dipertanyakan

Onward masih memuat dialog dari salah satu tokoh LGBTQ.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Nora Azizah
 Onward masih memuat dialog dari salah satu tokoh LGBTQ (Foto: cuplikan adegan dalam film animasi Onward)
Foto: Dok Disney-Pixar
Onward masih memuat dialog dari salah satu tokoh LGBTQ (Foto: cuplikan adegan dalam film animasi Onward)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Onward besutan Disney-Pixar yang segera tayang di bioskop Indonesia penuh hal-hal magis. Tak hanya itu, visual dari film Onward membuatnya cukup menarik disaksikan.

Namun, di balik itu semua, ada hal yang harus diwaspadai orang tua. Pasalnya, label semua umur yang disematkan LSF pada film patut dipertanyakan karena film masih memuat dialog salah satu tokoh Lesbian Gay Biseksual Transgender Queer (LGBTQ).

Baca Juga

Pasalnya, film Onward memang menampilkan satu karakter LGBTQ secara terbuka. Karakter bernama Specter digambarkan sebagai seorang perwira polisi perempuan yang memiliki kekasih sesama jenis.

Film animasi ini memuat tokoh utama cerita, Barley Lightfoot (Chris Pratt) dan Ian Lightfoot (Tom Holland) adalah kakak beradik dari keluarga elf. Dalam dunia yang mereka huni, elf hidup berdampingan dengan berbagai makhluk fantasi. 

Ada putri duyung, manticore, peri, pixie, centaurus, faun alias satir, cyclops, juga naga dan unicorn. Semua hidup dengan damai.

Awal film berdurasi 103 menit itu membeberkan narasi singkat mengenai dunia di masa silam. Dahulu kala, dunia penuh dengan keajaiban. Seiring berjalannya waktu, teknologi mulai berkembang hingga akhirnya sihir dan mantra terlupakan. 

Dengan latar cerita demikian, penonton Onward akan melihat perpaduan antara dunia fantasi dan kehidupan urban modern. Para makhluk fantasi itu hidup selayaknya manusia modern, dengan gawai dan berbagai perangkat canggih.

Kondisi itu membuat film memiliki berbagai tampilan tak biasa, sekaligus menarik disimak. Misalnya, kombinasi pemandangan langit dengan dua bulan sabit menggantung serta centang-perenang bangunan perkotaan dan kepadatan lalu lintas.

Dalam cerita, justru aneh apabila makhluk di dunia fantasi itu melakoni sihir. Tokoh Barley sering kena tegur pihak berwenang dan jadi bahan olokan penduduk sekitar karena dia sangat tergila-gila dengan segala hal berbau mitologi.

Sutradara Dan Scanlon mengemas perpaduan dengan kocak dan terkesan segar untuk sebuah sinema animasi. Sulit tidak tertawa melihat putri duyung yang bersantai di kolam renang mini sambil sibuk bermain ponsel, atau pixie yang lupa cara terbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement