Selasa 25 Feb 2020 20:09 WIB

Gandeng Kemenkop UKM, Raffi Ahmad Siap Gelar Rans Carnival

Rans Carnival akan digelar di 14 kota.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Artis Raffi Ahmad temui Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, membahas pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah era digital, di Jakarta, Selasa, (25/2).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Artis Raffi Ahmad temui Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, membahas pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah era digital, di Jakarta, Selasa, (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis Raffi Ahmad serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sepakat berkolaborasi demi memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah era digitalisasi saat ini. Keduanya akan menggelar perhelatan bertajuk Rans Carnival yang nantinya melibatkan para UMKM.

Acara tersebut dijadwalkan berlangsung di 14 kota, meliputi Pulau Sumatrera, Kalimantan, Sulawesi, maupun Jawa. Rans Carnival pertama akan digelar di Makassar pada 27 sampai 29 Maret mendatang.

Baca Juga

Raffi mengatakan, acara itu sekaligus menandai kepulangannya ke Tanah Air setelah berkeliling dunia selama dua bulan bersama keluarganya. "Ceritanya itu Raffi is back, namun Raffi  ingin membagi kebahagiaan ini bersama keluarga-keluarga di Tanah Air  melalui Rans Carnival, sekaligus mengajak dan memberdayakan UMKM di era digitalisasi," kata dia usai bertemu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Kantor Kemenkop, Jakarta, Selasa, (25/2).

Dirinya ingin mengajak pelaku UMKM khususnya milenial, agar mengikuti dan menggunakan digital sebagai sarana membesarkan usaha. "Nggak usah takut untuk mencoba digitalisasi, karena ini sarana yang efektif supaya usaha kita mudah dikenal orang, dengan biaya murah," kata Raffi.

Diakuinya sejak menjadi youtuber melalui Raffi Entertainment, dampak yang diterima sangat luar biasa terhadap berbagai kegiatan yang ia lakukan. "Sekarang saya bangun tidur saja bisa menghasilkan pemasukan, misalnya Nagita atau Rafatar pas lagi nguap, saya fotoin disebelah produk tertentu," jelas dia.

Menurutnya, kebersamaan dengan keluarga itu pula yang menurut Raffi membuat media sosialnya memiliki nilai tambah. Sejauh ini, tambah dia, akun Youtube-nya sudah di-subcribe 12,3 juta orang atau nomor 5 terbanyak di Indonesia.

Lalu akun Facebook-nya memiliki 5,7 juta teman dan Line 1,2 juta pengikut. Kemudian akun Instagram Raffi mempunyai 37,5 juta pengikut atau terbanyak nomor dua di Indonesia.

Staf ahli Menkop dan UKM Fiki Satari menambahkan, Raffi Ahmad merupakan contoh anak muda yang di era digitalisasi sekarang, yang ingin memberikan kontribusi pada tanah air dan keluarga di Indonesia. “Berbicara tentang Indonesia tentu tak lepas dari aktivitas perekonomiannya yang didominasi oleh UMKM. Di sana ada 64 juta pelaku dan 99,9 tenaga kerja juga ada di sektor UMKM," tuturnya pada kesempatan sama.

Maka, kata dia, Raffi ingin mengajak membagi kebahagiaan ini dengan mengajak UMKM yang tidak lain adalah mengangkat produk lokal. Rans Carnival, lanjutnya, diadakan berdasarkan pengalaman Raffi Ahmad saat keliling dunia, dan menyaksikan berbagai wahana permainan dan atraksi di beberapa negara.

"Di situlah ide untuk membuat sesuatu yang besar muncul dan menjanjikan kepada Rafatar dan Nagita Slavina. Tujuannya membuatkan wahana seperti itu di Indonesia sebagai bukti cinta kepada seorang anak dan istri serta membawa keceriaan di tengah keluarga Indonesia," ujar Fiki.

Perlu diketahui, Rans Carnival yang digelar di Makassar, rencananya diadakan selama tiga hari berturut-turut yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu. Karnaval nantinya menghadirkan konsep yang instagramable sekaligus kekinian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement