Kamis 20 Feb 2020 17:05 WIB

Tips Bersepeda ke Kantor Bagi Pemula

Ada perlengkapan yang bisa dibawa pemula bila ingin bersepeda menuju kantor.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ada perlengkapan yang bisa dibawa pemula bila ingin bersepeda menuju kantor (Foto: ilustrasi bersepeda)
Foto: Putra M Akbar
Ada perlengkapan yang bisa dibawa pemula bila ingin bersepeda menuju kantor (Foto: ilustrasi bersepeda)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat lingkungan yang juga seorang musisi, Agustinus Gusti Nugroho atau akrab disapa Nugie berbagi pengalaman juga tips bersepeda ke kantor atau tempat lainnya. Menurut dia, untuk pemula bisa membawa perlengkapan seperti handuk kecil, sabun cuci muka dan bedak bayi untuk pesepeda perempuan.

“Solusi yang bisa kita lakukan adalah kita bawa handuk, sabun cuci muka dan bawa bedak bayi, kalau misal itu cewek ya,” kata Nugie di Mbloc, Jakarta Selatan, Rabu (19/2) malam.

Baca Juga

Nugie yang sejak 2009 konsisten bersepeda itu mengaku sering bertemu dengan karyawan baik itu laki-laki maupun perempuan yang bersepeda ke kantornya. Itu membuktikan bahwa akan ada solusi jika kita sudah bertekad kuat.

“Ada kok cewek yang memang bersepeda juga. Jadi sebenarnya itu bukan hal yang nggak mungkin, cuma kitanya mau atau enggak,” jelas dia.

Untuk mencegah polusi udara, Nugie juga merekomendasikan untuk memakai masker. Namun uniknya, selama 10 tahun bersepeda, Nugie malah tidak pernah menggunakan masker kala bersepeda di jalanan ibu kota. Sebab dia meyakini, keringat yang keluar saat bersepeda bisa menetralisir racun di udara.

“Akhirnya gue berkesimpulan setelah 10 tahun bersepeda bahwa metabolisme yang dicipta Sang Maha Kuasa itu is the best, karena kita kontrol dengan masker atau apapun itu enggak akan menjawab semua polusi yang ada di Jakarta. Metabolisme kita dikeluarkan lewat keringat yang sangat banyak dan benar-benar menetralisir racun di udara. Ini gue sudah konsultasi dengan dokter, atlet, segala macem,” ucap Nugie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement