Selasa 11 Feb 2020 05:21 WIB

Lagi Bad Mood? Coba Santap Makanan Ini

Ada makanan sehat yang dapat meningkatkan 'mood'.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ada makanan sehat yang dapat meningkatkan 'mood' (Foto: ilustrasi bad mood)
Foto: Pixabay
Ada makanan sehat yang dapat meningkatkan 'mood' (Foto: ilustrasi bad mood)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Anda merasa sedih, mungkin memilih makanan untuk mengangkat semangat. Namun kala stres atau sedih, seringkali memilih makanan berkalori tinggi yang memiliki konsekuensi negatif.

Baru-baru ini, penelitian tentang hubungan antara nutrisi dan kesehatan mental telah muncul. Namun penting untuk dicatat bahwa suasana hati dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti stres, lingkungan, kurang tidur, genetika, gangguan suasana hati, dan kekurangan nutrisi.

Baca Juga

Karena itu, sulit untuk secara akurat menentukan apakah makanan dapat membangkitkan semangat Anda. Meskipun demikian, makanan tertentu telah terbukti meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan beberapa jenis gangguan mood. Berikut adalah sembilan makanan sehat yang dapat meningkatkan mood seperti dilansir Eco Watch, Selasa (11/2).

Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna albacore kaya akan dua jenis omega-3 yaitu asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Omega-3 berkontribusi pada fluiditas membran sel otak dan tampaknya memainkan peran kunci dalam perkembangan otak dan pensinyalan sel. Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat menurunkan risiko depresi.

Dark Chocolate

Dark cokelat kaya akan senyawa yang dapat meningkatkan zat kimia rasa-enak di otak. Gula dapat meningkatkan suasana hati karena merupakan sumber bahan bakar cepat untuk otak. Namun, beberapa ahli memperdebatkan apakah cokelat mengandung cukup banyak senyawa ini untuk memicu respons psikologis.

Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi, yang meliputi kimchi, yogurt, kefir, kombucha, dan asinan kubis, dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati usus. Proses fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang dalam makanan yang kemudian dapat mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Selama proses itu, probiotik dibuat.

Mikroorganisme hidup ini mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus Anda dan dapat meningkatkan kadar serotonin.

Serotonin adalah neurotransmitter yang mempengaruhi banyak segi perilaku manusia, seperti suasana hati, respons stres, nafsu makan, dan dorongan seksual.

photo
Cokelat batang (Ilustrasi)

Pisang

Pisang adalah sumber gula alami, vitamin B6, dan serat prebiotik yang bekerja sama untuk menjaga kadar gula darah dan suasana hati tetap stabil.

 

Oat

Oat adalah gandum utuh yang bisa membuat Anda tetap bersemangat sepanjang pagi. Anda dapat menikmatinya dalam berbagai bentuk, seperti gandum semalam, oatmeal, muesli, dan granola.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 1,5–6 gram serat saat sarapan melaporkan suasana hati dan tingkat energi yang lebih baik. Ini dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih stabil, yang penting untuk mengendalikan perubahan suasana hati dan lekas marah.

Berry

Buah beri mengemas berbagai antioksidan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran penting dalam memerangi stres oksidatif, ketidakseimbangan senyawa berbahaya dalam tubuh. Buah beri juga kaya antosianin penangkal penyakit yang dapat menurunkan risiko depresi.

Kacang dan Biji

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein nabati, lemak sehat, dan serat yang tinggi. Selain itu, kacang-kacangan atau biji-bijian menyediakan tryptophan, asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan suasana hati. Almond, kacang mete, kacang tanah, dan kacang walnut, serta biji labu, wijen, dan biji bunga matahari adalah sumber yang sangat baik.

Kopi

Kopi adalah minuman paling populer di dunia, dan mungkin membuat dunia sedikit lebih bahagia. Kafein dalam kopi mencegah senyawa alami yang disebut adenosin menempel pada reseptor otak yang meningkatkan kelelahan, sehingga meningkatkan kewaspadaan dan perhatian.

Selain itu, kopi juga meningkatkan pelepasan neurotransmitter yang meningkatkan mood seperti dopamin dan norepinefrin.

Miju-miju

Selain kaya akan serat dan protein nabati, kacang-kacangan dan miju-miju adalah sumber vitamin B yang sangat baik. Itu membantu meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan kadar neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, norepinefrin, dan gamma aminobutyric acid (GABA), yang semuanya penting untuk mengatur suasana hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement