Jumat 07 Feb 2020 22:00 WIB

Rekomendasi Makanan Mudah Dicerna dan Bernutrisi

Banyak makanan yang mudah dicerna, tetapi bukan merupakan makanan yang kaya nutrisi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Banyak makanan yang mudah dicerna, tetapi bukan merupakan makanan yang kaya nutrisi (Foto: ilustrasi pembuatan roti)
Foto: Flickr
Banyak makanan yang mudah dicerna, tetapi bukan merupakan makanan yang kaya nutrisi (Foto: ilustrasi pembuatan roti)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak makanan yang mudah dicerna, tetapi bukan merupakan makanan yang kaya nutrisi. Ahli nutrisi Tony Castillo menyarankan memilih makanan mudah dicerna yang tetap bernutrisi.

"Sebab makanan itu bisa mengatasi masalah perut dan bagus untuk pemulihan," kata Castillo, dilansir melalui Well Good, JUmat (7/2).

Baca Juga

Makanan yang mudah dicerna tentu tidak memberatkan kerja usus. Namun, nutrisi makanan juga perlu diperhatikan. Berikut makanan yang direkomendasikan Catillo untuk dikonsumsi karena mudah dicerna dan bernutrisi tinggi.

 

Sayuran yang dimasak

Jangan takut mengonsumsi sayuran favorit Anda. Sayuran sarat dengan serat. Namun, begitu matang, seratnya rusak karena panas, sehingga membuatnya mudah dicerna tubuh.

Sayuran penting untuk pola makan karena mengandung vitamin dan mineral penting guna memerangi peradangan dalam tubuh. Sayuran yang direkomendasikan, seperti bayam, labu, atau wortel.

Pisang

Pisang adalah buah kaya nutrisi. Tetapi jika Anda memiliki masalah perut dan membutuhkan sesuatu yang dapat dicerna dengan mudah oleh usus, pilih pisang yang sangat matang. Pisang memberi tubuh karbohidrat, kalium, dan vitamin dan mineral penting lainnya.

Roti putih

Berita bagus untuk pecinta roti. Roti putih jauh lebih rendah seratnya daripada gandum. Banyak biji-bijian olahan yang mengandung vitamin, terdapat pada roti sehingga menjadikannya nutrisi tanpa serat.

 

Beras putih

Meskipun nasi putih belum tentu merupakan pembangkit tenaga gizi tetapi makanan ini bisa jadi pilihan yang baik ketika Anda membutuhkan sesuatu yang mudah dicerna. Hanya ada 0,5 gram serat dalam satu cangkir nasi yang dimasak, yang membuatnya lebih mudah dicerna.

Sup

Jika Anda menyukai makanan yang mudah dicerna, kemungkinan akan sangat senang mengonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah besar. Karena alasan itu, disarankan untuk menambahkan makanan yang kaya nutrisi, seperti kaldu tulang buatan sendiri. Ini mengandung asam amino, elektrolit, dan kolagen, dan sangat menenangkan ketika perut terganggu. Kaldu vegan yang ramah usus juga sangat baik.

 

Yogurt

Bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, makana  non-lemak adalah cara yang lebih baik untuk dipilih karena lebih mudah di perut. Pencernaan lemak sedikit lebih kompleks daripada makronutrien lainnya.

Oatmeal instan

Sering disebut 'oat cepat', oatmeal instan adalah oat yang paling banyak diproses dan dipecah, sehingga membuatnya lebih mudah dicerna. Anda dapat mencobanya dengan topping yang lebih kreatif.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement