Kamis 06 Feb 2020 18:48 WIB

Suaranya Disebut Mirip Fadli Padi, Giring Jadi Ditolak Label

Bandnya sempat ditolak beberapa label karena suara Giring dianggap mirip Fadli Padi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Di awal kariernya, penyanyi Giring Ganesha sempat ditolak label karena suaranya dianggap mirip Fadli Padi.
Foto: Republika/Farah Noersativa
Di awal kariernya, penyanyi Giring Ganesha sempat ditolak label karena suaranya dianggap mirip Fadli Padi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eks vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha, memiliki pengalaman unik dalam karier musiknya. Pada saat mencoba mendirikan band dan mencari label, suara dan cengkok Giring disebut mirip dengan milik vokalis Padi, Fadli.

“Dulu, ketika Nidji baru mulai punya lagu dan album, kami sangat terinspirasi dengan Padi, sampai cengkok suara saya itu mirip banget sama Fadli,” ungkap Giring dalam konferensi pers peluncuran film pendek dan video klip "Menanti Keajaiban" milik Padi Reborn, di Jakarta Selatan, Rabu (5/2).

Baca Juga

Akibatnya, bandnya itu selalu ditolak oleh sejumlah label, termasuk Sony Music yang juga menjadi label yang menaungi Padi. Giring menyebut, pihak label tak menginginkan adanya dua “Padi” dalam satu label.

Akhirnya, Nidji pun berproses dan mendapatkan warna musik sendiri. Setelahnya, Nidji berhasil mendapatkan label yang kemudian melejitkan bandnya.

Giring mengakui, saat itu, Giring dan teman-teman bandnya sangat terpengaruh dengan Padi. Hal itu yang kemudian membuat lagu-lagu buatan Nidji pada awalnya sangat bernuansa Padi.

“Sampai waktu itu drumnya juga mirip sekali dengan mas Yoyok, gaya gitarnya semuanya mirip sama Mas Piyu, tapi yang paling signifikan adalah cengkok saya yang mirip dengan Mas Fadli,” tutur Giring yang kini terjun ke dunia politik.

Giring menuturkan, karya-karya Padi sangat berpengaruh ke kehidupan musikalnya. Dia sempat terbesit untuk memiliki band yang mirip Padi.

“Cuma ternyata, Indonesia nggak butuh Padi yang lain, tapi cuma butuh satu Padi,” tutur

penyanyi berambut keriting itu.

Giring kemudian mencoba menyanyikan satu bait reff lagu milik Padi berjudul "Sobat". Dan saat itu pun terbukti, suara dan cengkok Giring mirip dengan  Fadli.

“Mirip kan? Makanya kami ditolak-tolakin dulu,” kata Giring disusul tawanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement