Selasa 28 Jan 2020 17:09 WIB

7 Tip Pelesiran untuk Orang yang Fobia Kuman

Saat pelesiran, orang dengan fobia kuman masih bisa mengakali ketakutannya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tisu basah dengan desinfektan menjadi salah satu barang yang wajib dibawa untuk orang yang fobia kuman.
Foto: ist
Tisu basah dengan desinfektan menjadi salah satu barang yang wajib dibawa untuk orang yang fobia kuman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelesiran tentu merupakan salah satu pengalaman terbaik yang bisa didapat dalam hidup. Akan tetapi, liburan menggunakan transportasi umum dan tinggal di hotel mungkin bisa menjadi pengalaman yang mengerikan bagi seorang germaphobia alias orang yang fobia kuman.

Mereka yang fobia kuman punya ketakutan akan kontaminasi kuman, bakteri, mikroba dan lainnya. Mereka pasti akan terus 'dihantui' rasa takut akan kontaminasi kuman di kasur hotel, kamar mandi hotel, dan juga transportasi umum.

Baca Juga

Lalu bagaimana cara meminimalkan rasa takut para germaphobes kala melancong. Berikut tip yang juga bisa diaplikasikan oleh wisatawan yang ingin lebih bersih, seperti dilansir Times Now News, Selasa (28/1).

1. Bawa sanitizer

Membawa dan menggunakan sanitizer bisa meyakinkan bahwa Anda sudah terlindungi dari ancaman kuman, bakteri, dan patogen lain. Dengan begitu, perjalanan bisa tetap menyenangkan dan Anda pun bisa bergerak bebas.

2. Bawa sarung tangan

Kala traveling, orang dengan germaphobia mungkin harus mempertimbangkan untuk membawa sarung tangan sekali pakai. Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan, kala harus menyentuh barang yang kurang higienis, seperti sampah dan lainnya.

3. Tisu desinfektan

Tisu desinfektan adalah salah satu barang terpenting untuk mereka yang fobia kuman. Sebelum duduk di kursi toilet atau menyentuh remote TV, sterilkan dulu. Pastinya, ratusan orang telah menyentuhnya. Pastikan bahwa Anda mensterilkan apa pun yang Anda sentuh.

4. Bawa selimut dan sarung bantal sendiri

photo
Bantal dan selimut hotel (Ilustrasi)

Staf hotel biasanya mengganti bed cover dan bantal setiap hari, tetapi itu tidak sepenuhnya bebas kuman. Supaya aman, Anda bisa membawa selimut dan sarung bantal yang sudah dicuci dengan sabun desinfektan pakaian.

5. Masker wajah

Selain kuman, polusi udara juga paling mengganggu orang yang phobia kuman. Agar bepergian menjadi lebih nyaman, siapkan beberapa masker wajah. Anda bisa memilih masker sekali pakai atau yang bisa dicuci. Masker juga bisa menangkal kuman yang ada di udara.

6. Bawa handuk sendiri

photo
Handuk hotel.

Handuk bisa menjadi tempat berkembang biak paling kondusif bagi kuman kalau tidak dicuci dengan saksama. Sebaiknya, bawa handuk sendiri daripada menggunakan handuk yang tersedia di hotel.

7. Bawa tas cadangan

Tas cadangan dapat digunakan sebagai wadah mengemas sepatu kotor atau pakaian kotor. Dengan adanya pemisahan, kuman tak akan menyebar ke baju lain yang masih bersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement