Jumat 17 Jan 2020 13:04 WIB

Kapan Waktu Terbaik Cari Kerja?

Cari kerja tak mudah, khususnya saat lapangan kerja sedang lesu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Mencari pekerjaan bukanlah tugas yang mudah, terutama ketika pasar kerja sudah jenuh. Sebelum memulai pencarian, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan (Ilustrasi Mencari Kerja Online)
Foto: Pixabay
Mencari pekerjaan bukanlah tugas yang mudah, terutama ketika pasar kerja sudah jenuh. Sebelum memulai pencarian, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan (Ilustrasi Mencari Kerja Online)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Mencari pekerjaan bukanlah tugas yang mudah, terutama ketika pasar kerja sudah jenuh. Sebelum memulai pencarian, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Selain memastikan resume Anda diperbarui dan melakukan penelitian apa yang diperlukan oleh perusahan, ada aspek penting lain yang perlu difokuskan.

Baca Juga

Waktu adalah faktor yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Ketikan Anda mulai mencari pekerjaan pada waktu yang tepat, peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga meningkat. Seperti yang dilansir dari Times of India, Jumat (17/1), ada bulan-bulan baik dan terburuk untuk memulai mencari pekerjaan.

Januari, Februari dan Maret dianggap waktu yang baik. Untuk perusahaan yang tahun keuangannya dimulai pada Januari dan berakhir pada Desember, ini adalah waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan di sana.

Ada banyak alasan mengapa harus mencari peluang di Januari, Februari dan Maret di sebagian besar perusahaan multinasional. Sebab ini adalah ketika anggara tahunan ditentukan dan persyaratan untuk tahun berikutnya diambil. Jika lowongan dibuat atau sumber daya baru diperlukan, departemen terkait akan mulai memburu kandidat setelah musim liburan berakhir.

April, Mei dan Juni dianggap sebagai waktu terbaik. Bulan-bulan ini adalah periode yang tepat untuk melamar pekerjaan di perusahaa-perusahaan yang tahun keuangannya berakhir pada Maret, terutama perusahaanIndia.

Pun jangan lupa banyak perusahaan memberi imbalan pada karyawannya dengan tunjangan tahunan atau bonus menjelang akhir tahun keuangan. Ini artinya kemungkinan ada pegawai yang berencana berhenti setelah mendapat tunjangan.

Juli, Agustus dan September dianggap waktu yang tidak terlalu baik. Pertengahan tahun biasanya bukan waktu yang sangat menggembirakan untuk mencari pekerjaan baru.

Alasannya karena perusahaan mengisi sebagian besar lowongan di awal tahun dan sebagian besar masa promosi terjadi selama periode ini. Seseorang lebih kecil kemungkinan meninggalkan pekerjaannya, yang baru saja dia ikuti kecuali berada di bawah tekanan atau mendapat tawaran yang sangat baik dari tempat lain.

Kebanyakan orang tahu tentang hal ini dan mereka biasanya tidak mencari pekerjaan selama masa ini. Artinya persaingan berada di titik terendah dan jika ada lowongan, kesempatan Anda meraih peluang juga meningkat.

Oktober, November dan Desember. Orang-orang paling santai pada waktu-waktu ini. Tiga bulan di akhir tahun ini juga merupakan saat ketika karyawan mengambil cuti tahunan mereka.

Karena tahun akan segera berakhir, departemen terkait akan membuat rencana untuk persyaratan tahun depan. Ini mungkin akan menjadi waktu terbaik untuk merapikan resume, membangun jaringan dengan orang-orang yang tepat dan bertanya apakah akan ada lowongan segera.

Manfaatkan bulan-bulan ini untuk melakukan pekerjaan rumah Anda. Ketika waktu yang tepat tiba, Anda akan siap menjelajahi banyak peluang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement