Selasa 14 Jan 2020 17:05 WIB

Eddie Murphy Raih Lifetime Achievement di Critics Choice

Penghargaan 'lifetime achievement' diraih Eddie setelah 40 tahun berkarir.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Aktor Eddie Murphy diganjar penghargaan sepanjang masa di ajang Critics’ Choice Awards 2020.
Foto: EPA
Aktor Eddie Murphy diganjar penghargaan sepanjang masa di ajang Critics’ Choice Awards 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTA MONICA -- Aktor Eddie Murphy diganjar penghargaan sepanjang masa di ajang Critics’ Choice Awards 2020. Saat menerima piala di podium The Barker Hangar, Santa Monica, California, Amerika Serikat, Murphy mengenang karier panjangnya.

"Saya sudah memerankan semuanya. Saya pernah menjadi polisi, perampok, dokter, profesor, karakter berbagai etnis. Saya juga pernah menjadi binatang, menjadi keledai. Saya juga pernah ke luar angkasa," ujar pria 58 tahun tersebut.

Baca Juga

Dia menengok kembali 40 tahun perjalanan di dunia hiburan dan mensyukuri semuanya. Menurut pemeran film 'Dr. Dolittle' itu, hidup sebagai aktor adalah berkah dan kebanggaan. Murphy merasa menjadi orang paling beruntung di muka Bumi karena profesi tersebut.

Asosiasi Critics Choice memuji Murphy sebagai aktor Afrika-Amerika paling sukses secara komersial sepanjang sejarah. Deretan film yang dia bintangi termasuk 'Beverly Hills Cop', '48 Hours', 'Trading Places', 'The Nutty Professor', dan 'Shrek'.

Malam itu, Murphy tidak hanya berjaya dengan satu penghargaan. Sinema biografi 'Dolemite Is My Name' yang dia bintangi memenangkan kategori film komedi terbaik, mengungguli 'Jojo Rabbit', 'Booksmart', 'The Farewell', dan 'Knives Out'.

Pada film, Murphy memerankan sosok sineas, produser, penyanyi, sekaligus komedian Rudy Ray Moore. Murphy dinominasikan sebagai aktor terbaik Critics’ Choice Awards berkat peran itu, tetapi dia kalah dari Joaquin Phoenix, dikutip dari laman Metro, Selasa (14/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement