Ahad 12 Jan 2020 10:54 WIB

Penyebab Munculnya Sakit Kepala Setelah Bangun Tidur

Tidur yang cukup membuat Anda jadi rileks dan kembali segar setelah beristirahat. Akan tetapi, tak jarang Anda justru merasakan sakit kepala saat terbangun.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Sumber: Yahoo.com
Sumber: Yahoo.com

Tidur yang cukup membuat Anda jadi rileks dan kembali segar setelah beristirahat. Akan tetapi, tak jarang Anda justru merasakan sakit kepala saat terbangun. Menurut sleep.org, hal ini sering menyerang hampir 80 persen orang yang memiliki kondisi tidur atau riwayat penyakit tertentu. 

Rasa sakit yang dialami seperti berputar, jalan menjadi tidak seimbang hingga pandangan yang gelap seketika membuat Anda sulit beranjak dari tempat tidur dan mual pada perut. Mengalami sakit kepala saat bagun tidur, sebenarnya bisa disebabkan karena beberapa hal berikut ini. 

Insomnia

Penderita insomnia atau pola tidur yang tidak teratur cenderung memiliki potensi lebih besar mengalami sakit kepala saat bangun tidur. Jika terbiasa tidur dengan jam yang tidak teratur, maka sistem hipotalamus, salah satu bagian otak yang berfungsi mengatur jam tidur seseorang menjadi terganggu.

Maka tak tidak heran, pada saat terbangun Anda menjadi sangat pusing, karena jam biologis di dalam tubuh secara alami akan ikut berubah.

Migrain

50 Persen orang yang mengalami sakit kepala saat bangun tidur memiliki riwayat penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. Rasa pusing yang Anda alami biasanya terjadi pada pukul 04.00 sampai 09.00 WIB.

Pada waktu tersebut biasanya kualitas tidur mulai gelisah dan tidak nyaman. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan Anda alami sakit kepala dan mata berkunang-kunang saat terbangun. 

Baca Juga: 3 Gangguan Kesehatan Akibat Sering Tidur Tengkurap

Tekanan Darah Rendah 

Kurangnya vitamin B12 pada seseorang bisa menyebabkan terkena tekanan darah rendah. Hal ini juga memicu terjadinya gangguan jantung, pendarahan saat hamil dan dehidrasi, karena tubuh kekurangan sel darah merah. 

Pada saat tidur, biasanya tubuh menghabiskan banyak cairan dan hal inilah yang akhirnya menyebabkan penderita tekanan darah rendah merasa pusing karena kurangnya asupan vitamin B12 dan tubuh mengalami dehidrasi. Selain rasa pusing, biasanya Anda sering merasakan kesemutan, mudah mengantuk dan tidak napsu makan. 

Terbangun secara Mendadak

Bunyi alarm atau telepon hingga mimpi buruk sering membuat Anda terbangun secara tiba-tiba, yang menyebabkan kepala menjadi pusing. Hal ini membuat otak belum bekerja maksimal.

Maka aliran oksigen di dalam kepala belum sepenuhnya mengalir sempurna ke seluruh tubuh yang menyebabkan keseimbangan Anda terganggu, merasakan pusing dan mual.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: ThomasRizal

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement