Jumat 10 Jan 2020 16:23 WIB

Manfaat Ghee Selain Dipakai untuk Masak

Bagi masyarakat India, ghee merupakan bahan 'berharga' di dapur.

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah
Namun, selain untuk masakan, ghee ternyata bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut (Ilustrasi Ghee)
Foto: Pxhere
Namun, selain untuk masakan, ghee ternyata bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut (Ilustrasi Ghee)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi semua orang India, ghee merupakan salah satu bahan yang paling berharga di dapur. Ghee telah digunakan sejak zaman kuno sebagai campuran bahan untuk memasak.

Bahan makanan yang kaya akan vitamin, asam lemak, dan antioksidan ini memang tidak mengecewakan. Selain itu, ghee juga digunakan sebagai ritual keagamaan dan bermanfaat untuk mengobati penyakit.

Baca Juga

Mentega ini disebut mengandung asam lemak dan kolesterol yang baik. Hal ini membuat ghee dianggap sebagai salah satu makanan sehat dan bergizi.

Namun, selain untuk masakan, ghee ternyata bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Caranya cukup mudah, yakni dengan mmengoleskannya.

Tak hanya untuk kesehatan kulit dan rambut, ghee juga bisa memiliki manfaat lainnya. Berikut ulasannya dilansir melalui healthyshot.com, Jumat (10/1).

 

Nutrisi kulit

Ghee sangat kaya akan vitamin A, E dan antioksidan lainnya. Vitamin-vitamin ini mengandung  asam lemak yang sehat dan sangat bermanfaat bagi kulit. Nutrisi sangat penting untuk melumasi kulit dalam membantu menjaga kelembaban yang lebih baik.

Jika memiliki kulit kering, ghee dapat membantu meredakan gatal yang menyertai wilayah tersebut. Selain itu, ghee juga membantu melembutkan kulit. Belum lagi, kandungan antioksidan yang kuat dapat membantu menunda tanda penuaan yang terlihat serta memberikan efek keremajaan.

 

Sebagai pelembab

Di malam hari, setelah membersihkan wajah, oleskan ghee pada wajah dan pijat dengan gerakan ke atas dan ke luar, kemudian diamkan selama sekitar tiga hingga empat menit. Lalu bersihkan ghee dengan kapas untuk menghasilkan kulit lembut dan halus.

Ghee juga membantu menyehatkan kulit bibir yang sensitif. Oleskan setetes ghee di bibir saat malam hari dan biarkan semalaman.

 

Krim mata

Tidak perlu menggunakan krim mata yang mahal di lemari ketika di dapur rumah telah tersedia. Oleskan sedikit ghee pada kulit di bawah mata setelah membersihkan wajah. Bersihkan dengan lembut, dengan kapas basah, lalu diamkan selama 15 menit. Hal ini dapat meminimalkan keriput dan lingkaran hitam dimata.

Masker wajah

Campurkan tiga sendok teh gandum dengan satu sendok teh ghee, madu, dan yogurt. Oleskan secara merata pada wajah dan bilas setelah 20 menit. Dengan cara ini kulit akan terasa lembut dan lebih bercahaya.

Masker rambut

Panaskan satu sendok makan ghee dengan satu sendok teh minyak kelapa, dan oleskan campuran itu pada kulit kepala. Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk panas selama 20 menit untuk membantu rambut menyerap ghee dengan lebih baik. Kenakan topi shower plastik dan biarkan masker semalaman. Kondisioner yang kuat ini akan membantu mengembalikan kesehatan rambut Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement