Kamis 09 Jan 2020 22:31 WIB

Bahan-Bahan Ini Bisa Bikin Kopi Lebih Sehat

Tak hanya susu, beberapa bahan lain bisa dicampur untuk membuat kopi lebih sehat.

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah
Beberapa bahan bisa dicampur ke dalam kopi dan membuatnya lebih sehat (Ilustrasi Kopi)
Foto: Piqsels
Beberapa bahan bisa dicampur ke dalam kopi dan membuatnya lebih sehat (Ilustrasi Kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi panas ataupun dingin tetap menjadi favorit pecinta kopi. Terutama saat pagi hari dan musim dingin, semua orang membutuhkannya untuk menguatkan diri. Jika kopi dicampur susu maka akan terasa sedikit asam karena kandungan dalam produk susu

Ingin mencoba mencampur kopi dengan bahan yang lain namun rasanya tetap nikmat? Dilansir melalui pinkvilla, Kamis (9/1), berikut beberapa bahan yang bisa dicampur ke dalam kopi dan membuatnya lebih sehat.

Baca Juga

 

Kayu manis

Campurkanlah kopi dengan kayu manis, hal itu dapat bertindak sebagai antiooksidan dalam tubuh. Kayu manis biasa digunakan sebagai rempah-rempah serta obat yang mampu melindungi jantung dan otak. Selain itu, peneliti juga mengatakan kandungan pada kayu manis dapat menurunkan risiko penyakit kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe

Siapkanlah kopi favorit, kemudian tambahkan beberapa jahe di dalamnya. Jahe mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, jahe bermanfaat untuk meredakan mual, mengurangi nyeri otot, menurunkan kadar kolesterol serta melancarkan sistem pencernaan. 

 

Jamur

Terbilang agak aneh jika jamur ditambahkan dalam minuman kopi, tetapi campuran itu dapat membantu menjaga kesehatan yang dapat menambah sistem kekebalam tubuh karena kandungan antioksidan serta anti-inflamasi di dalamnya. Antioksidan dalam jamur juga mampu melindungi tubuh dari kanker. Selain itu, campuran jamur dan kopi dapat mengatasi masalah pencernaan dan masalah pada organ hati. Cobalah beli bubuk jamur atau kopi jamur dan buktikan manfaatnya.

 

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut dapat mendetoksifikasi hati, membantu pencernaan serta  mengobati depresi. Jadi, tambahkanlah sedikit kunyit ke dalam kopi untuk hidup yang lebih sehat.

Matcha

Tambahkanlah bubuk matcha yang berasal dari akar tanaman maca ke dalam kopi. Maca memiliki kandungan asam amino dan vitamin C yang tinggi dengan peresntase asam lemak yang rendah, hal itu dapat meningkatkan kesuburan, serta menyeimbangkan hormone dalam tubuh.

Selain itu, matcha juga dikenal sebagai sumber tingkat energi, dorongan seks, serta kinerja atletik pada tubuh. Minumlah kopi dan tambahkan bubuk matcha 1-3 sdt setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement