Senin 06 Jan 2020 14:45 WIB

Tujuh Hal tak Terduga di Golden Globe Awards 2020

Golden Globe ke-77 diramaikan beragam hal yang mengejutkan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Penyelenggaraan ajang penghargaan Golden Globe ke-77 diramaikan oleh beragam hal yang mengejutkan (Ilustrasi Golden Globe Awards)
Foto: Wikimedia
Penyelenggaraan ajang penghargaan Golden Globe ke-77 diramaikan oleh beragam hal yang mengejutkan (Ilustrasi Golden Globe Awards)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggaraan ajang penghargaan Golden Globe ke-77 diramaikan oleh beragam hal yang mengejutkan. Ada banyak hal yang terjadi di luar prediksi selama pembacaan pemenang untuk 25 kategori berlangsung.

Salah satu yang sangat mengejutkan adalah kemenangan Netflix. Sebagai penerima nominasi terbanyak yaitu 17 nominasi, Netflix hanya berhasil memboyong dua penghargaan.

Baca Juga

Hollywood Foreign Press Association (HFPA) sebagai pihak penyelenggara memang selalu bisa mengemas Golden Globe menjadi ajang penghargaan yang sulit diprediksi. Satu hal yang mungkin bisa diprediksi dari penyelenggaraan Golden Globe adalah, pemenang dalam kategori film seringkali masuk menjadi nominasi Oscar.

Berikut adalah tujuh kejutan menarik dalam Golden Globe ke-77 seperti dilansir Forbes, Senin (6/1).

Kemenangan Mengejutkan

Kategori 'Aktor Terbaik dalam Serial Televisi, Musikal atau Komedi' memiliki nominasi yang beragam. Bill Hader dari serial 'Barry' diperkirakan akan meraih penghargaan ini walaupun serialnya kurang mendapatkan antusiasme.

Akan tetapi, yang keluar sebagai pemenang dalam kategori ini adalah Ramy Youssef untuk perannya dalam serial 'Ramy'. Beberapa orang memang sempat melihat Ramy sebagai 'kuda hitam' yang memiliki peluang untuk menang dalam kategori ini. Alasannya, season perdana 'Ramy' mendapatkan pujian kritis yang positif.

photo
Joaquin Phoenix dalam film Joker.

 

'Missing Link' Kalahkan Disney

Dalam kategori 'Fitur Animasi Terbaik', beragam film populer keluaran Disney mendominasi daftar nominasi. Sebut saja 'Frozen 2', 'The Lion King', dan 'Toy Story 4'. Nominasi lainnya adalah 'How To Train Your Dragon: The Hidden World' yang juga berasal dari rumah produksi besar dan meraih popularitas tinggi.

Dari deretan nominasi ini, tak sedikit orang yang mengira bahwa Disney akan memboyong penghargaan dalam kategori 'Fitur Animasi Terbaik'. Akan tetapi yang berhasil menjadi pemenang dalam kategori ini adalah 'Missing Link' dari Laika and Annapurna Pictures.

'Missing Link' merupakan satu-satunya film animasi dalam kategori ini yang tidak berasal dari sebuah franchise atau remake dari film klasik. 'Missing Link' yang disutradari oleh Chris Butler ini tenggelam di box office dengan hanya mendapat pemasukan 26,2 juta dolar Amerika, sedangkan total produksinya menghabiskan 100 juta dolar Amerika.

Sam Mendes Jadi Sutradara Terbaik

'Sutradara Terbaik untuk Motion Feature' juga menjadi kategori dengan persaingan yang sangat ketat. Di antara para nominasi ada Martin Scorsese dengan film 'The Irishman', Quentine Tarantino dengan film 'Once Upon A Time ... In Hollywood', Bong Joon Ho dengan film 'Parasite' hingga Tood Phillips dengan film 'Joker'.

Yang keluar sebagai pemenang dalam kategori ini adalah Samuel Alexander Mendes atau Sam Mendes untuk film arahannya '1917'. Kemenangan Mendes disambut baik karena film '1917' pun banyak menuai pujian.

Tata Musik Joker

Komposer Hildur Gudnadottir berhasil meraih nominasi pertamanya dalam Golden Globe untuk kategori 'Original Score Terbaik'. Nominasi pertama ini ternyata juga membawa Gudnadottir pada kemenangan pertamanya di Golden Globe. Tangan dingin Gudnadottir membuatnya mampu mengalahkan nomine lain seperti Alexandre Desplat untuk 'Little Women' hingga Thomas Newman untuk '1917'.

Penghargaan Brad Pitt

Kerja keras dan totalitas aktor Brad Pitt seringkali mendapatkan pengakuan dan kritik positif. Termasuk tahun ini, Pitt telah mendapatkan enam nominasi Golden Globe sepanjang kariernya. Akan tetapi, satu-satunya kategori yang berhasil ia menangi dalam Golden Globes adalah kemenangan pertamanya pada 1996 dalam kategori 'Aktor Pendukung Terbaik' untuk film 'Twelve Monkeys'.

Oleh karena itu, kemenangan Pitt dalam kategori 'Aktor Pendukung Terbaik' tahun ini menjadi sebuah kejutan yang baik. Dalam penyelenggaraan Golden Globe 2020, Pitt meraih penghargaan sebagai 'Aktor Pendukung Terbaik' untuk film 'Once Upon A Time in Hollywood'.

 

Keturunan Asia Pertama

Awkwafina menjadi warga Amerika keturunan Asia pertama yang meraih penghargaan untuk kategori 'Aktris Terbaik dalam Motion Picture, Musikal atau Komedi'. Kemenangan ini bukan sesuatu yang mengagetkan karena penampilan Awkwafina dalam 'The Farewell' sangat baik. Berhembus kabar bahwa ia pun akan masuk dalam nominasi Oscar.

Drama Terbaik

Drama peperangan '1917' berhasil menyabet penghargaan sebagai film drama terbaik di Golden Globe 2020. Film arahan Sam Mendes ini mengalahkan 'The Irishman' arahan Martin Scorsese, 'Marriage Story' arahan Noah Baumbach, hingga 'The Two Popes' dan 'Joker'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement