Kamis 02 Jan 2020 00:52 WIB

Pola Pengasuhan Anak yang Diprediksi Tren di 2020

Hampir semua orang tua berencana menerapkan pola ramah lingkungan dalam keluarga

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Hubungan baik antara anak dan orangtua (Ilustrasi)
Foto: Sheknows
Hubungan baik antara anak dan orangtua (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara kekhawatiran yang dihadapi orang tua zaman sekarang adalah lingkungan dan kesehatan mental. Ini karena keduanya adalah topik yang telah banyak didiskusikan lebih dalam beberapa tahun terakhir.

Sebanyak 93 persen orang tua yang disurvei mengatakan berencana untuk menjadi lebih ramah lingkungan selama beberapa tahun ke depan. Sebuah penelitian terhadap 2.000 orang tua oleh ChannelMum.com telah mengumpulkan sepuluh pola pengasuhan yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2020, dilansir laman Metro, Rabu (01/1).

Bermain bersama keluarga

Daripada semua duduk di TV untuk menonton pertunjukan pada Sabtu malam, keluarga akan mulai menghabiskan waktu bersama dengan menikmati gim yang bisa dimainkan minimal tiga orang

Kehamilan dengan bantuan medis

Hanya satu persen dari mereka yang disurvei siap untuk sepenuhnya mengakami kehamilan alami atau tidak ada scan, obat penghilang rasa sakit. Jadi, berbagai bantuan medis untuk kehamilan akan semakin menjadi umum di tahun ini

Ruang kerja ganda

Karena setiap orang dan ibu mereka akan menjadi pekerja lepas atau mengadopsi kerja jarak jauh, masuk akal bahwa bisnis mulai menawarkan ruang kerja bersama khusus yang berfungsi ganda sebagai tempat penitipan anak dan ruang bagi orang tua untuk berjejaring.

Bebas plastik

Banyak orang tua berencana untuk meminimalisir plastik untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Di samping mainan kayu dan pakaian sederhana, lebih banyak orang tua akan melihat popok yang dapat digunakan kembali dan tisu biodegradable.

Luangkan waktu 20 menit

Ini adalah ide yang bagus untuk dicoba oleh siapa saja, tidak hanya orang tua. Everyday Take 20 didasarkan pada gagasan orang tua menyisihkan 20 menit setiap hari untuk duduk bersama anak-anak mereka dan mendengarkan apa pun yang mereka katakan, serta bebas dari gangguan apa pun.

Hipnoterapi

Hipnoterapi membantu ibu yang mengalami trauma hamil maupun melahirkan. Cara ini membawa kepada keadaan rileks sepenuhnya, memunculkan pengalaman traumatis, kemudian membimbing ibu melalui ingatan atau asosiasi yang damai.

Gerakan tidak memiliki anak

Teen ini terdengar menakutkan karena menggambarkan pilihan untuk tidak memiliki anak demi menyelamatkan planet bumi. Gerakan ini dianggap bisa mengatasi masalah dunia dengan banyaknya populasi manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement