Rabu 01 Jan 2020 01:35 WIB

5 Tradisi Tahun Baru Unik dari Berbagai Negara

Tradisi klasik menghitung mundur saat tahun baru tidak dilakukan oleh semua negara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nur Aini
Perayaan malam tahun baru. (ilustrasi)
Foto: muhammad nursyamsi
Perayaan malam tahun baru. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Perayaan tahun baru mungkin identik dengan menghitung mundur waktu dan meniup terompet. Tapi ternyata, tak semua negara menyambut tahun baru dengan cara yang klasik seperti itu.

Beberapa negara memiliki tradisi unik tersendiri dalam menyambut dan merayakan tahun baru. Berikut ini adalah lima di antaranya seperti dilansir Gulf News.

Baca Juga

12 Anggur di Spanyol

Orang-orang di Spanyol memiliki tradisi menyambut tahun baru dengan memakan 12 butir buah anggur. Satu butir anggur dimakan setiap kali bunyi lonceng menjelang pergantian tahun berbunyi. Tradisi itu kemungkinan dipopulerkan pada 1909 oleh petani di Alicante sebagai cara untuk mengatasi kelebihan panen anggur pada tahun tersebut.

Let It Go di Italia

Orang-orang Italia biasanya menyambut tahun baru dengan membuang barang pecah belah dari tanah liat dan bahkan perabotan rumah melalui jendela pada momen pergantian tahun. Tindakan itu merupakan simbol bahwa mereka telah melepaskan tahun lalu dan siap menyambut hal-hal yang lebih baik di tahun baru.

108 Bunyi Lonceng di Jepang

Biasanya tahun baru akan disambut dengan 12 bunyi lonceng, akan tetapi tidak di Jepang. Orang-orang Jepang biasa menyambut tahun baru dengan 108 bunyi lonceng yang dibunyikan dari kuil-kuil yang tersebar di seluruh Jepang. Kepercayaan lokal meyakini bahwa cara itu dapat membantu manusia untuk mengalahkan 108 godaan duniawi.

Meminum Harapan di Rusia

Orang-orang Rusia memiliki tradisi menyambut tahun baru dengan 'meminum' harapan mereka. Mereka akan menuliskan harapan-harapan dalam sebuah kertas kecil, lalu membakar kertas tersebut. Kemudian abu dari kertas tersebut dimasukkan ke dalam sebuah gelas berisi minuman. Kepercayaan setempat meyakini bahwa meminum minuman itu sebelum tengah malam dapat membantu mereka mewujudkan harapan yang sudah tertulis di tahun baru.

Injakan Kaki Pertama di Skotlandia

Orang pertama yang melangkahkan kaki masuk ke dalam rumah setelah jarum jam bergeser ke arah 12 tepat akan menentukan keberuntungan keluarga rumah tersebut di tahun yang baru. Orang Skotlandia meyakini bila yang melangkahkan kaki pertama adalah anak-anak atau laki-laki tinggi berambut gelap adalah pertanda bagus. Oleh karena itu, perempuan dan laki-laki berambut pirang biasanya akan menunggu di luar sampai anak-anak atau laki-laki tinggi berambut gelap masuk ke rumah terlebih dahulu untuk membawa keberuntungan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement