Rabu 01 Jan 2020 07:01 WIB

Tips Nyaman Naik Pesawat Malam Hari Saat Traveling

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang tertarik berangkat naik pesawat pada waktu malam hari. Misalnya harga tiket yang cenderung lebih murah serta terbukanya peluang traveler untuk mengurangi ongkos menginap selama satu hari di tempat tujuan.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: smarttravel.com
Foto: smarttravel.com

Bila Anda memiliki rencana traveling dengan mengambil jadwal penerbangan di malam hari, sebaiknya memperhatikan sejumlah hal penting agar tetap merasa nyaman selama di perjalanan.

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang tertarik berangkat naik pesawat pada waktu malam hari. Misalnya harga tiket yang cenderung lebih murah serta terbukanya peluang traveler untuk mengurangi ongkos menginap selama satu hari di tempat tujuan.

Baca Juga

Selain itu, banyak juga yang memilih penerbangan di malam hari karena kondisi pesawat relatif dan leluasa. Traveler pun bisa menikmati perjalanan dengan istirahat atau bersantai secara nyaman. Meski begitu, penerbangan di malam hari lebih mudah membuat penumpang cepat kelelahan.

Lantas bagaimana caranya agar perjalanan di malam hari tetap terasa nyaman dan menyenangkan? Berikut tipsnya.

 

Bawa Headset dan Bantal Leher

Waktu penerbangan di jam berapa pun biasanya dimanfaatkan sebagian penumpang pesawat untuk beristirahat. Ada yang memilih tidur supaya bisa bangun dalam perasaan segar ketika pesawat tiba di bandara tujuan. Sayangnya, tidak semua pesawat menunjang kenyamanan penumpangnya untuk tertidur. 

Tentu saja ini akan membuat Anda sulit untuk beristirahat ketika mendapat pesawat dengan kondisi ramai dan gaduh. Untuk itu, traveler dianjurkan membawa headset agar telinga teralihkan dari suara bising. Alunan musik lembut tentunya bakal memudahkan Anda untuk lebih rileks.

Dan Anda juga memerlukan bantal leher dan penutup mata supaya dapat tidur dalam posisi nyaman. Jika sudah tertidur pulas, tentu bisa bangun dengan mata segar keesokan paginya.

Menyantap Makanan Secukupnya

Isilah perut Anda dengan makanan secukupnya sebelum berangkat. Hindari perut kosong terlebih jika penerbangan yang di malam hari dan waktunya berlangsung lama.

Selain itu, jangan lupa membawa bekal atau camilan untuk dikonsumsi di tengah perjalanan. Persiapan ini ditujukan agar traveler siap menghadapi kondisi lapar di atas pesawat.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat 'Solo Traveling'

Gangguan yang sering dialami traveler saat mengikuti penerbangan di malam hari adalah rasa kantuk yang menjadi-jadi. Hal ini kerap menyulitkan penumpang pesawat untuk mengejar waktu penerbangan. Oleh karena itu, jauhi minuman berkafein dan beralihlah ke air mineral supaya rasa kantuk hilang saat penerbangan berlangsung.

Mengambil Waktu Istirahat dan Tidak Begadang

Jika mengambil jadwal penerbangan di malam hari, Anda dianjurkan mengambil waktu istirahat cukup sehari sebelumnya. Luangkan waktu untuk tidur secukupnya sebelum berangkat, terlebih jika jarak penerbangan relatif jauh. Sebisa mungkin hindari aktivitas hingga larut malam agar tidak begadang.

Traveler yang sering begadang dianjurkan meminum air hangat supaya mudah tertidur pulas. Semalam jelang keberangkatan, sebaiknya juga membasuh badan dengan air hangat agar pikiran dan anggota tubuh benar-benar rileks. Rasa kantuk juga mudah datang ketika Anda mendengar musik lembut sebelum beristirahat.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Urusan pakaian juga tak boleh dilupakan traveler yang menjalani penerbangan di malam hari. Carilah pakaian yang nyaman serta pas dengan situasi penerbangan. Contohnya adalah baju berupa kaus yang cocok dipasangkan dengan celana berbahan halus seperti jogger pants.

Pada penerbangan malam hari, suhu udara relatif akan lebih dingin dari biasanya, baiknya membawa pakaian penghangat seperti sweater, jaket, kaus kaki. Pakaian-pakaian ini bakal melindungi Anda dari rasa menggigil di sepanjang perjalanan.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement