Sabtu 28 Dec 2019 04:30 WIB

Alasan Mengapa Orang Dewasa Perlu Buku Mewarnai

Mewarnai buku dapat membantu menghilangkan stres pada orang dewasa

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Mewarnai buku dapat membantu menghilangkan stres pada orang dewasa. Ilustrasi.
Foto: pixabay
Mewarnai buku dapat membantu menghilangkan stres pada orang dewasa. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Sewaktu kecil umumnya orang pernah memberi warna di buku mewarnai dan merasa puas jika hasilnya rapi. Ternyata kegiatan mewarnai di buku tersebut juga membantu menghilangkan stres pada orang dewasa.

Bagi seseorang yang memiliki kehidupan yang sibuk dan banyak pikiran, mewarnai adalah kegiatan yang ideal. Kegiatan mewarnai dapat membantu menenangkan pikiran.

Baca Juga

Seperti yang dilansir Indian Express pada Kamis (26/12), mewarnai melibatkan gerakan berulang yang melemaskan amigdala. Amigdala dianggap sebagai pusat ketakutan otak. Kuncinya adalah benar-benar membenamkan diri dalam aktivitas dan tidak fokus pada apapun yang dapat menyebabkan stres dan cemas.

Mewarnai membuat seseorang lebih percaya diri pada kreativitasnya. Ketika sesorang memasuki sisi kreatif di luar tempat kerja, maka ia akan muncul sebagai orang yang lebih inovatif dan bersemangat ketika berada di kantor.

Penelitian tersebut dilakukan oleh San Francisco State University. Selain itu seseorang dapat membawa beberapa buku mewarnai ke kantor dan mengajak rekan kerja mewarnai bersama.

Saat seseorang mengambil buku mewarnai, terutama di malam hari sebelum tidur, ia tidak lagi memegang ponsel pintar dan tablet. Sains mengatakan mengganti gawai (gadget) dengan buku membuat tidur lebih nyenyak.

Seseorang tidak terpapar oleh cahaya biru yang menghambat tidur. Waktu istirahat menjadi cukup dan kesehatan kulit meningkat.

Aroma pensil warna dan krayon disebut-sebut dapat membawa seseorang kembali ke masa kecil. Ini membuat suasana hati yang baik dan merasa optimistis. Dengan kegiatan mewarnai, pikiran akan fokus dan tangan menjadi aktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement