Rabu 25 Dec 2019 23:07 WIB

Tingkatkan Stamina Anda dengan Cara Alami

Kafein ternyata mampu meningkatka stamina dan daya tahan tubuh.

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi
Stamina pria tergantung pada sejumlah faktor seperti daya tahan tubuh/ilustrasi
Foto: footage.shutterstock.com
Stamina pria tergantung pada sejumlah faktor seperti daya tahan tubuh/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang membutuhkan stamina atau daya tahan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Peningkatan stamina dapat membantu Anda menahan stres dan juga ketidaknyamanan Anda selama melakukan aktivitas berat.

Jika Anda memiliki stamina tinggi, Anda juga dapat melakukan aktivitas sehari-hari di level yang lebih tinggi dengan menggunakan lebih sedikit energi.

Lalu, apa yang telah Anda lakukan untuk itu? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan secara alami untuk meningkatkan stamina yang tahan lama. Dilansir dari StyleCraze, Selasa (17/12), berikut ulasan yang di rangkum dari ahli diet, Merlin Annie Raj.

1. Ikuti Diet Sehat

Jika Anda sering melakukan aktivitas berat, diet yang sehat mampu menyelesaikan aktivitas Anda. Seiring dengan protein dan lemak, Anda harus meningkatkan asupan karbohidrat jika melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi. Karbohidrat inilah yang menyediakan energi dengan cepat karena mudah dimetabolisme oleh tubuh.

Untuk mencoba diet sehat ini, Anda bisa mengonsumsi pisang, apel, hingga makanan kaya serat seperti beri, biji-bijian, sereal, dll. Namun, Anda harus menghindari asupan produk susu, makanan olahan, pasta, dan alcohol. Makanan gorengan dan makanan-minuman rendah kalori juga harus dihindari karena makanan tersebut dapat menurunkan tingkat energi.

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga adalah cara lain untuk membangun stamina Anda. Baik olahraga lari di treadmill, berenang, bersepeda, atau aerobik.

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan stamina, daya tahan, kekuatan, dan fleksibilitas

3. Berlatih Meditasi Dan Yoga

Meditasi dan yoga adalah cara alami untuk bersantai dan mengurangi stres. Beberapa pose dalam yoga menekankan pada pose berdiri yang akhirnya dapat membantu meningkatkan stamina, penyelarasan tubuh, dan kekuatan. Meditasi dan yoga ini juga membangun ketahanan fisik Anda dalam jangka panjang.

4. Dengarkan Musik

Menurut sebuah penelitian, mendengarkan musik saat melakukan latihan akan mengurangi dyspnea atau sesak napas. Ini dapat membantu meningkatkan toleransi dan stamina Anda saat melakukan latihan dalam intensitas tinggi.

5. Memiliki Ashwagandha

Ashwagandha adalah suplemen herbal yang telah dikaitkan dengan peningkatan daya tahan jantung dan stamina. Penelitian menunjukkan suplemen ini dapat meningkatkan umur panjang dan menambah kekebalan.

Anda bisa mengonsumsi ramuan ini dalam bentuk tablet atau bubuk. Sebelum meminumnya, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter untuk dosis yang tepat. Karena konsumsi ashwagandha yang berlebihan, dapat menyebabkan muntah dan diare.

6. Mengonsumsi Kafein

Kafein ternyata mampu meningkatkan stamina dalam tubuh. Hal tersebut karena kafein dapat melepaskan hormon dopamine dan noradrenalis. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih waspada dan energik saat melakukan aktivitas fisik.

Namun, konsumsi kafein secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan keinginan untuk buang air kecil serta memicu insomnia dan kecemasan. Jadi, jangan terlalu sering.

7. Berhenti Merokok

Penelitian menunjukkan bahwa merokok memiliki efek buruk pada daya tahan tubuh Anda. Ini dapat memengaruhi stamina Anda saat melakukan aktivitas fisik berat. Anda akan merasa kekurangan nafas saat melakukan aktivitas yang intens.

Jadi, berapa lama stamina bisa ditingkatkan? Jawabannya, tidak ada jalan pintas untuk itu.

Sebuah studi menunjukkan bahwa subyek penelitian butuh waktu hampir 14 hari untuk membangun kekuatan dan stamina (atau cadangan kardiopulmoner). Namun setiap orang memiliki durasi berbeda-beda, tergantung pada faktor lainnya seperti kesehatan individu dan motivasi untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement