Rabu 25 Dec 2019 22:39 WIB

Kiat Mengasuh Anak Bagi Ibu Pekerja

Ibu pekerja harus fokus bahwa mereka memiliki anak-anak yang manis di rumah.

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi
Pola pengasuhan anak bagi ibu pekerja.
Foto: flickr
Pola pengasuhan anak bagi ibu pekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi seorang ibu harus bergelut dengan berbagai kesibukan. Hal itu mulai dari saat Anda mengandung anak Anda selama 9 bulan dan sampai kapanpun harus terus berkorban. Akan ada banyak hal yang berubah dalam hidup setelah Anda menjadi seorang ibu.

Itulah yang membuat peran ibu tidak semudah yang dibayangkan, apalagi diselingi dengan bekerja. Jika Anda ada di posisi itu, Anda tak perlu khawatir tentang merawat anak Anda.

Berikut kiat-kiat yang dikutip dari PinkVilla dalam mengasuk anak bagi ibu pekerja.

Investasi dalam Rencana

Mengatur rencana yang baik, akan mengetahui apa saja tujuan dalam hidup. Anda bisa mengaturnya dengan membuat daftar pertemuan hingga membagi jadwal Anda untuk anak-anak.

Anda juga bisa rencanakan makanan untuk minggu itu, jika Anda seorang perencana yang baik. Ini tidak hanya membantu Anda tetap teratur, tetapi memberi Anda gambaran kapan Anda harus meminta bantuan.

Bicaralah dengan Atasan

Anda harus terbuka dengan tempat kerja Anda. Bicaralah pada atasan dan jelaskan bawah Anda tidak bisa meninggalkan semua hal yang berkaitan dengan anak Anda. Seperti mengatur jadwal sekolah, membuat janji dengan dokter, dan urusan lainnya. Jelaskan pada atasan Anda bahwa keluarga adalah prioritas untukmu.

Telepon Anak

Ketika Anda jauh dari anak-anak Anda, pastikan Anda menelepon mereka setidaknya beberapa kali dalam sehari. Tidak hanya akan mencerahkan hari mereka, tetapi juga akan membuat Anda merasa lebih terhubung dengan anak-anak.

Fokus pada aspek positif dalam hidup

Bekerja beberapa jam di kantor akan membuat Anda merasa lelah. Namun, ambillah positif dalam hidup seperti mengingat anak Anda di rumah.

Anda harus fokus pada kenyataan bahwa Anda memiliki anak yang manis di rumah. Anak yang mengakui Anda sebagai seorang ibu dan mencintai Anda seperti itu.

Miliki cadangan

Jika Anda seorang orangtua tunggal atau suami Anda kerja jauh selama beberapa hari, jangan lupa buatlah rencana cadangan dalam hidup. Carilah setidaknya 3 orang yang bersedia membantu Anda di saat darurat. Orang-orang ini dapat membantu Anda ketika Anda dapat keluar dari situasi pekerjaan atau situasi pengasuhan Anak.

Anak-anak adalah teman terbaik Anda

Jika Anda merasa sedih dan segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana, selalu ingat bahwa anak-anak Anda akan membuat Anda lebih bersemangat. Jangan ragu untuk bermain dengan mereka, dengarkan apa yang mereka katakan, tidur bersama mereka dan ikatan itu akan membuat segalanya lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement