Selasa 24 Dec 2019 18:45 WIB

Pengendara Motor Harus Perhatikan Kesehatan Diri-Pembonceng

Kemenkes serukan pengendara motor memerhatikan kesehatan diri dan pembonceng.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pengendara motor. Kemenkes serukan pengendara motor memerhatikan kesehatan diri dan pembonceng.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengendara motor. Kemenkes serukan pengendara motor memerhatikan kesehatan diri dan pembonceng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyerukan para pengendara sepeda motor yang hendak melakukan perjalanan saat momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (nataru) agar menjaga kesehatan. Dengan begitu, kenyamanan dan keamanan dalam berlibur bisa terpelihara.

"Pengendara sepeda motor harus memerhatikan kesehatan diri dan keluarga yang dibonceng," ujar Staf Ahli Menteri Bidang Desentralisasi Kesehatan Kemenkes Pattiselanno Roberth Johan seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/12).

Baca Juga

Pattiselanno mengatakan, orang dengan penyakit berisiko diimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor. Selain itu, mereka dianjurkan membawa obat yang diperlukan dan mudah dibawa.

Sementara itu, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes Kartini Rustandi merekomenadsikan pengendara sepeda motor agar beristirahat setiap dua jam perjalanan. Sedangkan, pengendara mobil sebaiknya berhenti menyetir setiap empat jam.

“Kalau mengendarai motor setiap dua jam berhenti dulu, istirahat, kalau pengendara mobil setiap empat jam. Karena konsentrasi sangat dibutuhkan saat berkendara,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement