Senin 23 Dec 2019 15:16 WIB

Racikan Kopi yang Kaya Vitamin dan Antioksidan

Kopi bisa menjadi lebih sehat bila ditambahkan beberapa bahan ke dalamnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Secangkir kopi, terutama di pagi musim dingin, adalah sesuatu yang akan dicari bagi sebagian orang (Ilustrasi Kopi Kayu Manis)
Foto: Piqsels
Secangkir kopi, terutama di pagi musim dingin, adalah sesuatu yang akan dicari bagi sebagian orang (Ilustrasi Kopi Kayu Manis)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secangkir kopi, terutama di pagi musim dingin, adalah sesuatu yang akan dicari bagi sebagian orang. Tidak salah memang mencampur kopi dengan susu. Hanya saja, mungkin rasanya akan menjadi sedikit asam karena produk susu di dalamnya.

Namun, dilansir dari laman Pinkvilla, Senin (23/12), ada cara membuat kopi menjadi lebih sehat. Bahkan, racikan kopi ini bisa menambah sedikit nutrisinya menjadi kaya akan vitamin dan antioksidan.

Baca Juga

Kayu manis

Anda dapat menambahkan beberapa kayu manis ke dalam kopi. Sebab, kayu manis bertindak sebagai antioksidan. Kayu manis digunakan sebagai rempah dan obat, yang melindungi jantung dan otak kita. Studi mengatakan bahwa kayu manis dapat menurunkan risiko kanker dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Jahe

Siapkan kopi reguler Anda dengan menambahkan beberapa jahe. Jahe cukup bermanfaat untuk mual. Namun, jahe juga mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi nyeri otot, menurunkan kolesterol dan membantu sistem pencernaan.

Jamur

Mungkin terdengar agak aneh. Tetapi jamur yang ditambahkan ke kopi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Jamur berfungsi sebagai antivirus dan anti-inflamasi dengan kualitas penambah kekebalan di dalamnya. Dengan sifat antioksidannya, jamur juga merupakan antikanker. Jamur juga bisa menangani masalah pencernaan dan masalah hati (lever). Bubuk jamur atau kopi bisa dikonsumsi untuk menambah manfaatnya.

Kunyit

Kunyit dengan senyawa kurkuminnya hadir dengan sifat antioksidan dan juga anti-inflamasi. Ini dapat mendetoksifikasi hati, dapat membantu pencernaan dan juga mengobati depresi. Jadi, tambahkan sedikit kunyit ke dalam kopi Anda untuk hidup sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement