Sabtu 21 Dec 2019 09:39 WIB

Tak Hanya Menyegarkan, 6 Manfaat Mandi Air Dingin

Mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan kulit.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Mandi air dingin.
Foto: Republika
Mandi air dingin.

CEKNRICEK.COM -- Mandi air hangat sejak dulu dipercaya memiliki manfaat. Tapi tahukah Anda jika mandi air dingin juga punya sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Mandi air dingin bahkan bisa menjadi cara yang sehat untuk memulai hari.

Mandi air dingin bermanfaat untuk kesehatan dan tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Namun cara ini tidak dianjurkan buat semua orang. Sensasi air dingin tidak berlaku bagi mereka yang sakit, lansia atau yang memiliki kondisi jantung. 

Berikut enam manfaat mandi air dingin yang dikutip dari HelloSehat.

Meningkatkan Kewaspadaan

Mandi air dingin saat pagi hari sebelum ayam berkokok membuat Anda bereaksi tarik nafas karena menggigil kedinginan. Kondisi ini sebenarnya justru membuka pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung dan memperlancar aliran darah sehingga menjaga Anda tetap terasa hangat. Kemudian dapat memberikan Anda “tendangan” energi untuk mulai beraktivitas.

Meringankan Stres

Membiarkan tubuh diguyur air dingin tanpa basa-basi dapat membantu mempromosikan peningkatan toleransi tubuh terhadap stres, secara fisik dan mental. Ada juga peningkatan gluthathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lainnya berada di tingkat optimal.

Setelah mengamati 10 orang bertubuh sehat yang berenang secara teratur dalam air dingin selama musim dingin, peneliti melaporkan adanya penyesuaian tubuh terhadap stres oksidatif yang berulang--menunjukkan ketahanan tubuh yang meningkat terhadap serangan sumber stres.

Menghaluskan Rambut dan Kulit

Mandi air dingin adalah salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Air panas bersifat melucuti minyak alami dan mengeringkan kulit. Sementara, air dingin justru mengencangkan kutikula rambut dan kulit lewat pengerutan pembuluh darah, selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. 

Baca Juga: 3 Alasan Jangan Mencuci Rambut di Malam Hari

Kutikula dan pori kulit yang mengencang akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Mandi dingin juga dapat membuat rambut tampak lebih bersinar, kuat, dan sehat dengan meratakan folikel rambut, dan meningkatkan kemampuannya untuk menggenggam kulit kepala.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Sirkulasi Darah

Kaget yang Anda rasakan dari guyuran air dingin pertama kali dapat memicu jantung agar lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh, yang kemudian bisa mempromosikan kesehatan yang lebih baik--termasuk kesehatan kulit dan hati.

Sirkulasi darah yang lebih lancar setelah mandi air dingin juga dapat menurunkan tekanan darah, membilas plak yang menumpuk dalam pembuluh darah, dan mendorong kerja sistem imun yang lebih baik.

Menurunkan Berat Badan 

Mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan Anda dengan cara yang tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih adalah penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher yang terjadi ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada tubuh Anda perlukan untuk berfungsi, dan Anda tidak membakar lemak putih untuk energi. 

Sementara lemak coklat adalah lemak baik yang Anda gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh tetap hangat, dan dibakar ketika terkena dingin yang ekstrem. Jadi, mandi dingin dapat mempromosikan metabolisme lemak coklat.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin ekstrim dilaporkan dapat membakar lemak coklat pada tubuh dengan peningkatan 15 kali lipat, yang berarti Anda bisa kehilangan hingga 5 kilogram dalam setahun jika terus rajin mandi pagi dengan air dingin.

Mempercepat Pemulihan Nyeri Otot dan Pegal Linu

Mandi air dingin terutama efektif dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat, misalnya beberapa hari setelah Anda nge-gym. Itu karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement