Kamis 19 Dec 2019 17:40 WIB

Kenali dan Cegah Kanker Serviks Serta Pentingnya Vaksin

Kanker serviks umumnya tidak memiliki tanda-tanda pada tahap awal.

Mini seminar tentang Kanker Serviks yang digelar di Training Center, Gedung B Lt 1 RS Azra.
Foto: RS Azra
Mini seminar tentang Kanker Serviks yang digelar di Training Center, Gedung B Lt 1 RS Azra.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Istilah kanker serviks mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Dalam rangka kepeduliaan akan kesehatan kewanitaan, RS Azra menggelar Mini Seminar yang bertemakan “Kenali dan Cegah Kanker Serviks Serta Pentingnya Vaksin Kanker Serviks”.

Kanker serviks umumnya tidak memiliki tanda-tanda pada tahap awal. Ini membuat para wanita tidak menyadari ada diposisi manakah tingkat kesehatan kewanitaan yang mereka miliki. Oleh sebab itu, dalam penyampaian materinya, dr. Elsina K. Pietersz, Sp.OG selaku dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Azra dan juga pembicara di mini seminar ini menyampaikan vaksin serviks merupakan cara untuk mencegah terserang HPV (Human Papilloma Virus).

Baca Juga

"Semakin dini kita melakukan vaksin akan semakin mudah tubuh membentuk imun dari dalam. Bahkan mulai dari usia sembilan tahun sudah bisa dilakukan vaksin HPV,” ungkapnya.

Mini seminar yang digelar di Training Center, Gedung B Lt 1 RS Azra dihadiri oleh 60 peserta yang aktif dan antusias mendengarkan setiap materi yang disampaikan. Tidak sedikit pula yang melontarkan pertanyaan demi memenuhi rasa ingin tahu mereka akan kesehatan yang dimiliki. Diantara materinya disebutkan bahwa setiap orang yang sudah melakukan hubungan seks, maka kemungkinan terserangnya HPV selalu ada.

“Ada proses skrining yang disebut Pap Smear, baiknya apabila sudah menikah dan berhubungan badan, setiap tahun hendaklah cek Pap Smear. Fungsinya untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini, maka kita lebih tahu harus bagaimana kita menyikapinya. Perlu di catat, bahwa zaman sekarang banyaknya wanita yang mengidap kanker serviks yaitu di rentang usia 36-55 tahun,” lanjut dr. Elsina seperti dalam siaran pers.

Rangkaian acara yang di mulai pada pukul 09.00 WIB sangat ditunggu oleh peserta, bahkan sebagian dari peserta yang mendaftar, terlihat sudah memadati ruangan sebelum acara dimulai. Sebelum dimulainya acara, para peserta asyik berfoto bersama lalu mengabadikannya di sosial media masing-masing. Karena setiap foto yang di upload lalu di tag ke akun IG @rsazra akan di pilih berdasarkan foto dengan caption menarik untuk mendapatkan hadiah menarik dari RS Azra.

“RS Azra tuh keren banget kalau bikin acara, apalagi hadiahnya. Keren-keren, lucu dan sangat berguna untuk saya. Sukses terus RS Azra, ditunggu acara selanjutnya ya!” tanggapan Putri selaku peserta mini seminar kali ini.

Tidak hanya sesi pertanyaan dari peserta, penyelenggarapun mengadakan kuis bagi peserta. Ada hadiah-hadiah menarik bagi mereka yang mendapatkan skor tertinggi. Acarapun ditutup dengan sesi foto bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement