Senin 16 Dec 2019 22:43 WIB

Barasuara Fokus Garap Lagu Tentang Alam

Banyak hal yang bisa dituangkan ke dalam lagu terkait isu alam.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Grup vokal Barasuara mengakui salah satu tayangan Najwa Shihab menginspirasinya dalam membuat salah satu lagunya 'Guna Manusia'.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Grup vokal Barasuara mengakui salah satu tayangan Najwa Shihab menginspirasinya dalam membuat salah satu lagunya 'Guna Manusia'.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Inspirasi bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali dari informasi atau berita yang dilaporkan jurnalis.

Grup vokal Barasuara mengakui salah satu tayangan Najwa Shihab menginspirasinya dalam membuat salah satu lagunya 'Guna Manusia'. Lagu 'Guna Manusia' menceritakan tentang isu alam.

Baca Juga

“Di album ke dua, ada 'Guna Manusia', menceritakan penurunan daratan beberapa titik di Jakarta,” kata vokalis sekaligus gitaris Barasuara, Iga Massardi dalam acara “Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling) bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation” di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/12).

Pria berusia 34 tahun itu menceritakan, awalnya dia tak sengaja melihat salah satu tayangan Najwa Shihab berjudul "Jakarta Tenggelam" di Youtube. Video itu memaparkan soal masalah penurunan daratan di Jakarta yang membuat air laut naik dan bisa masuk ke tengah kota.

Bahkan, kondisi itu membuat sejumlah daerah yang secara permanen sudah tak bisa ditinggali, karena sudah tenggelam. Barasuara yang sedang aktif menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan itu tak menampik kegiatan penghijauan di kawasan konservasi TWA Kawah Ijen bisa menginspirasi dalam membuat lagu tentang alam lagi.

Menurut dia, banyak hal yang bisa dieksplore setelah kegiatan penanaman pohon lagi di TWA Kawah Ijen itu. Bisa saja Barasuara akan membuat lagu tentang hijaunya pegunungan.

“Ada ide bikin soal penghijauan gunung mungkin bisa dieksplore abis dari sini,” ujar Iga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement