Selasa 17 Dec 2019 01:41 WIB

Menguap Tapi tidak Mengantuk, Ini Alasan Mengapanya

Menguap merupakan kegiatan untuk ‘mendinginkan’ otak.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Anak menguap
Foto: ist
Anak menguap

CEKNRICEK.COM -- Apakah Anda sering menguap? Menguap merupakan proses alami yang terjadi pada manusia, yang tidak selalu tanda seseorang tengah mengantuk. 

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang menguap. Menurut penelitian, menguap merupakan kegiatan untuk ‘mendinginkan’ otak. 

Otak seperti mesin yang selalu beroperasi setiap saat dan ada kalanya panas karena dipakai terus menerus. Ketika terjadi kondisi tersebut, maka secara otomatis otak akan mendinginkan dirinya sendiri dengan cara merangsang Anda untuk menguap.

Berikut merupakan kondisi yang membuat seseorang jadi menguap dikutip dari berbagai sumber. 

Perubahan Keadaan

Menguap biasanya dianggap sebagai tanda kantuk atau kebosanan, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Secara umum, menguap bisa menjadi cara bagi tubuh untuk mengubah keadaan kesadaran. Misalnya, sebelum tidur, sesudah tidur, saat bosan dan setelah berolahraga.

Selain itu, menguap juga dapat terjadi ketika perubahan tekanan. Contohnya dari area bertekanan tinggi ke tekanan rendah. Tekanan ini dapat menumpuk di gendang telinga dan dapat menyebabkan menguap untuk melepaskannya.

Baca Juga: 5 Penyebab Sering Mengantuk Padahal Sudah Cukup Tidur

Fungsi Pernapasan

Menguap terjadi ketika darah membutuhkan oksigen sehingga asupan udara besar dan detak jantung yang lebih cepat. Jadi, menguap dapat membantu menyediakan pasokan oksigen segar.

Mendingingkan Otak

Ketika seseorang menguap, hal ini menyebabkan rahang meregang. Kondisi ini meningkatkan aliran darah di wajah dan leher. Proses ini dapat menjadi cara untuk mendinginkan otak yang terlalu 'panas'. Para peneliti menemukan bahwa menguap merupakan cara untuk 'mendinginkan' otak.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement