Senin 16 Dec 2019 09:15 WIB

5 Cara ini Bikin Anda Jadi Percaya Diri dan Bersinar di Kantor

Apakah Anda merasa belum percaya diri di kantor? Jika iya, coba lakukan cara berikut ini agar lebih percaya diri dan karir bisa jadi lebih bersinar di kantor.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
.
.

Dunia kantor tidak soal bagaimana kinerja seseorang, tapi ternyata kemampuan dalam bersosialisasi dan menjaga sikap serta penampilan juga menjadi salah satu hal penting dalam dunia kerja. Orang yang bisa mengkombinasikan kinerja, sikap, dan juga penampilan bisa menjadi orang yang disukai dan bersinar di kantor.

Namun tidak semua pegawai kantor merasa bahwa dirinya itu bersinar dan merasa percaya diri. Hal ini biasanya terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, mulai dari penampilan, kurang sosialisasi, dan masih banyak lagi. Selain itu, menjadi anak baru juga bisa jadi penyebabnya.

Baca Juga

Beberapa alasan diatas bisa diatasi dengan cara yang tepat seperti pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber. Simak dan terapkan pada keseharian Anda agar lebih percaya diri dan bersinar di kantor.

 

1. Fokus Pada Keahlian dan Kelebihan

skill

Fokus pada keahlian dan kelebihan

Jika punya keahlian dan kelebihan yang bisa dipakai saat kerja, tentu itu adalah hal positif dan bisa dikembangkan. Kenali keahlian dan kelebihan yang ada pada dalam diri misal bisa bekerja cepat, kreatif dalam berinovasi, dan hal lainnya. 

Dengan memahami dan fokus kepada dua hal tersebut, Anda bisa menjadi orang yang percaya diri karena dapat membangun potensi melalui hal tersebut. Jadi, tinggal mengasah keahlian dan kelebihan tersebut. 

2. Coba Pergi Keluar Zona Nyaman

Meski sudah berbakat dan handal dalam mengerjakan satu hal, Anda harus tetap berusaha mencoba hal baru demi kebaikan karir kedepannya. Jika hanya mengandalkan kinerja yang sekarang tentunya karir tidak akan berkembang. Hal ini bisa saja membuat Anda tidak percaya diri apabila ada projek dadakan dan di luar kebiasaan sehari – hari. Ini bisa menjadi masalah, bukan?

Maka dari itu, cobalah sekali-kali keluar menjauhi zona nyaman dengan mencoba mengerjakan hal baru yang di luar kebiasaan. Anda bisa mencoba beberapa hal misalnya mengikuti kegiatan volunteer atau proyek dalam rangka mengembangkan keahlian dan kemampuan yang baru. Bukan kerugian yang akan didapat, justru bisa menjadi nilai tambah yang bisa didapatkan, sehingga bisa mendongkrak karir.

Baca Juga: Lakukan ini di Konten Sosial Mediamu Biar Karir Makin Cemerlang

3. Jadilah Orang yang Selalu Positif di Kantor

positif

Jadilah orang yang selalu berpikir positif di kantor

Jika Anda bisa bersikap selalu positif di kantor tentu orang kantor akan memberi timbal balik positif kepada Anda. Dengan memiliki aura positif dan bersikap baik, selain membuat Anda percaya diri dan fokus dengan apa yang dikerjakan, teman – teman juga akan percaya  pada hasil kerja. 

4. Jangan Ragu Bertanya Soal Kerja

Sebagai orang kantor tentu ada hal yang tidak dimengerti soal pekerjaan, maka dari itu Anda harus berani bertanya kepada orang lain.  Jangan pernah malu dan takut untuk bertanya kepada rekan kerja agar Anda bisa terarah pekerjaannya.

Baca Juga: Lakukan 4 Trik Cerdas Ini agar Karir Bersinar dan Cemerlang

5. Ubah Gaya Berpakaian

cobain baju

Ubah gaya berpakaian

Penampilan dalam kerja adalah salah satu hal penting untuk menunjang percaya diri. Anda bisa bereksperimen dalam gaya berpakaian sehingga tampilan bisa lebih baik dan tidak berkesan yang membosankan. Penampilan yang baik dan cocok juga akan membuat percaya diri semakin meningkat. 

Misalnya, memakai bawahan berupa celana tipe khaki dengan atasan sweater atau celana kantor polos, lalu atasannye mengenakan kemeja dengan motif dan sebagainya. Biar lebih mudah, tak ada salahnya pelajari fashion melalui internet atau bisa melihat dari gaya berpakaian para fashion blogger.

Lakukan Perubahan dari Hal yang Kecil

Merubah diri sendiri agar tampil lebih percaya diri dan bersinar di kantor memang tidak mudah. Butuh waktu dalam proses perubahannya. Namun, yang terpenting tanamkan niat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Tak perlu langsung melakukan perubahan besar, sebaiknya dilakukan secara bertahap, yaitu dengan memulainya dari hal yang kecil. Cepat atau lambat, maka percaya diri akan semakin meningkat sehingga bisa lebih bersinar di kantor.

Baca Juga: Tips Tampil Berkelas Walaupun Budget Pas-Pasan

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement