Senin 16 Dec 2019 06:06 WIB

Tip Mencuci Agar Kondisi Pakaian Tetap Terjaga Baik

Pakaian menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam menunjang penampilan seseorang.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: today.com
Foto: today.com

Pakaian menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam menunjang penampilan seseorang. Tak heran bila makin banyak orang yang membeli busana baru di retail-retail fashion. Namun kenyataannya saat ini limbah pakaian memiliki kontribusi besar pada kondisi lingkungan.

Kepedulian terhadap bumi dengan memahami pola perawatan pakaian yang tepat sebagai langkah awal mengurangi limbah pakaian. Electrolux dan Attack berkolaborasi mengajak masyarakat untuk kembali belajar cara mencuci yang tepat sehingga kondisi baju tetap terjaga baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu lebih panjang.

"Ini memang banyak terjadi di masyarakat Indonesia. Saat membeli baju dan bila mencuci itu cenderung tidak mengerti bagaimana cara merawatnya. Langsung taruh saja ke mesin cuci terus campur sama yang lain, pakai detergen yang penting sudah bersih, gitu," kata Iffan Suryanto, Presiden Direktur Electrolux Indonesia dalam acara #PerfectDuoPeduli di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Jumat (6/12). 

Menurut dia, bila salah cara mencuci maka akan membuat warna pakaian cepat kusam, sisa-sisa detergen masih menempel dan malah ada yang menyusut ketika ingin dijemur. "Ada label di baju bagaimana cara merawat pakaian. Yang ini bahannya wool, ini katun, ini polyester. Dari macam-macam bahan itu harus ketahui dulu sebelum dimasukan ke dalam mesin cuci," ucapnya.

Selain mengetahui cara merawat pakaian supaya tetap awet warna dan bahannya, pemilihan mesin cuci juga menjadi faktor yang tidak kalah penting. Semakin canggih fitur mesin cuci, maka bisa menghemat penggunaan air dan detergen. 

Baca Juga: Merawat dan Mendonasikan Pakaian Langkah Awal Peduli Bumi

Ubah kebiasaan mencuci yang kurang tepat dengan cara yang mudah sehingga kondisi pakaian tetap terjaga baik. 

Pertama: Selain memperhatikan jenis kain pakaian, pisahkan juga berdasarkan warna. Mulai dari gelap, putih dan terang. Jangan campur pakaian anak dan orang dewasa. Pisahkan juga dari kain rumah tangga seperti handuk, sprai, dan lap. 

Kedua: Jangan lupa menentukan menu pada mesin cuci sesuai dengan jenis pakaian yang akan dicuci. Bila pakaian terkena noda, segera lakukan prewash treatment.

Ketiga: Simpan pakaian dengan baik setelah kering, taruh di tempat penyimpanan yang bebas debu dan kotoran. 

Keempat: Gantung pakaian seperlunya dan hindari penyimpanan yang langsung terkena panas matahari. Kini pakaian lebih terawat dan dapat dipakai lebih lama.

BACA JUGA: Cek AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement