Ahad 20 Aug 2023 20:20 WIB

Tips Hijab dan Pakaian untuk Dipakai Muslimah Saat Cuaca Panas

Pilih bahan pakaian dengan serat alami.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Muhammad Hafil
 Pilih bahan pakaian dengan serat alami. Foto:  Jilbab. Ilustrasi
Foto: .
Pilih bahan pakaian dengan serat alami. Foto: Jilbab. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saat cuaca sedang panas-panasnya, pemilihan hijab dan busana yang dikenakan Muslimah harus lebih cermat supaya tak terasa gerah. Disarankan memilih bahan pakaian yang senyaman mungkin, jangan sampai salah pilih dan aktivitas jadi terkendala.

Head of category development Tokopedia, Aldhy Darmayo, menyebut konsumen sudah cukup aware dengan pemilihan busana yang sesuai saat cuaca panas. Buktinya, musim ini transaksi produk fashion Muslim berbahan katun dan linen di Tokopedia tercatat naik 2,5 kali lipat.

Baca Juga

Selain itu, menurut data semester pertama di tahun 2023, Tokopedia melihat produk fesyen menjadi salah satu kategori produk yang paling laris. Kategori produk fesyen mencakup beragam turunan, seperti fashion Muslim, fashion wanita, fashion pria, dan fashion anak.

"Untuk menghadapi cuaca panas di Indonesia, Tokopedia membagikan lima tips memilih produk fashion Muslim untuk berbagai kegiatan," kata Aldhy. Pelanggan pun bisa memilih deretan brand fashion Muslim lokal di platform tersebut. Berikut tips dari Tokopedia.

1. Pilih bahan pakaian dengan serat alami

Utamakan mengenakan pakaian berbahan serat alam saat musim panas, misalnya linen atau katun. Material tersebut memiliki kemampuan ‘bernapas’ karena sirkulasi udara mudah masuk melalui pori-pori material, sehingga memberikan rasa adem dan nyaman saat digunakan.

2. Pakai warna pastel

Warna putih dan pastel sangat ideal digunakan saat cuaca panas karena dapat memantulkan cahaya matahari. Selain itu, warna pastel juga bisa membuat penampilan terlihat lebih segar. Pilih busana dengan cutting modern sehingga memberikan kesan modis dan kekinian ketika dikombinasikan dengan warna pastel.

3. Gunakan pakaian yang longgar

Fungsi memilih pakaian yang longgar di tengah cuaca panas adalah untuk memperlancar sirkulasi udara. Alhasil, mengenakan busana itu akan terasa sejuk dan nyaman. Ada banyak pilihan busana atasan dan bawahan dengan desain yang longgar sekaligus simpel dan stylish.

4. Pilih hijab berbahan ringan dan berpori

Bahan hijab yang dipakai saat cuaca panas sangat penting diperhatikan karena menjadi salah satu pakaian yang langsung terkena sinar matahari saat berkegiatan di luar. Aldhy menyarankan untuk memilih bahan hijab dengan tekstur yang ringan dan berpori.

5. Pakai baju terusan

Baju terusan atau dress akan membuat pemakainya lebih bebas bergerak dan tak gerah. Pakaian terusan atau dress bisa dipadukan dengan cardigan atau outerwear dengan bahan yang tidak terlalu tebal supaya tetap nyaman ketika dipakai saat cuaca sedang panas-panasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement